Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BERITA UTAMADAERAHTERBARU

Sukses Merangkai Spanduk Capacity Building, Bukti Soliditas Keluarga Besar Bawaslu se-Sumbar

47
×

Sukses Merangkai Spanduk Capacity Building, Bukti Soliditas Keluarga Besar Bawaslu se-Sumbar

Sebarkan artikel ini
Ratusan peserta capacity building yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Senin (6/3/2026) di Mifan Waterpark Padang Panjang. (Foto dok/ald)

PADANG PANJANG, RELASIPUBLIK — Keceriaan terpancar dari rauh wajah ratusan peserta capacity building yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Senin (6/3/2026) di Mifan Waterpark Padang Panjang. Kegiatan yang diharapkan terciptanya soliditas dari seluruh keluarga besar Bawaslu, terbilang sukses dengan berhasilnya merangkai puluhan guntingan spanduk selebar 2×3 meter.

Terpaan panas yang bersahabat, membangkitkan semangat para anggota dan staf Bawaslu Sumbar dan kabupaten kota untuk mengikuti berbagai permainan menarik yang dipandu oleh LUMINT Outbond & Adventure Service. Bahkan Ketua Bawaslu Sumbar, Alni dan Kordiv SDM, Organisasi dan Diklat, Benny Aziz beserta para Kepala Bagian di sekretariat Bawaslu Sumbar, ikut membaur bersama peserta yang berdatangan dari seluruh Bawaslu Kabupaten dna Kota di Sumbar
Meski hawa udara Kota Padang Panjang yang terkenal dingin, namun saat acara berlangsung langsung, cuaca sedikit panas walau tidak bisa disebut panas terik, membuat wajah dan tubuh peserta dikucuri keringat juga. Malah sebagian peserta terlihat baju seragam hitam lengan panjang yang dikenakannya, sudah basah dengan keringat. Namun tak mengurangi semangatnya mengikuti kegiatan, malah diselingi goyangan mengikuti irama musik yang meriah tanpa adanya sekat jabatan.

“Memang, target utama kita dari kegiatan ini adalah terciptanya soliditas sesama keluarga besar Bawaslu, mulai dari tingkat provinsi dengan kabupaten kota hingga kecamatan. Selain itu, upaya peningkatan SDM dan memperkuat integritas anggota dan staf Bawaslu semua tingkatan,” ujar Benny Aziz, pada media ini di sela-sela kegiatan, Senin (6/3/2023).

Kenapa soliditas yang jadi target utama dari kegiatan ini, lanjut Benny, karena pada semua anggota Bawaslu di 19 kabupaten dan kota di Sumbar, akan berakhir masa jabatannya. Pada Mei 2023, sudah mulai rektruitmen.

Sementara, di bulan-bulan itu, kegiatan sedang padat-padatnya terkait tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024. Apalagi semua anggota Bawaslu Kabupaten kota itu mempunyai peluang yang sama untuk kembali terpilih untuk periode kedua.

“Tadi kita lihat, bagaimana permainan yang digelar selalu mengarah pada kekompakan, kebersamaan tanpa melihat dari kabupaten dan kota mana dia bertugas. Semua membaur dan saling bertukar tim serta kelompok, dan tanpa membedakan komisioner dan staf sekretariat. Semua mendapat arahan dan perlakuan yang sama dalam permainan ini,” ujar Benny Aziz.

Tak hanya itu, lanjut Benny, target soliditas itu tidak hanya untuk kalangan keluarga besar Bawaslu saja, tapi juga dengan sejumlah stakeholder, termasuk kalangan kepolisian dan wartawan yang turut dilibatkan dalam kegiatan ini.

“Soliditas dan integritas tim, menjadi faktor utama kesuksesan penyelenggaraan pemilu. Apalagi di tengah agenda kegiatan yang padat menjelang Pemilu 2024, tanpa kebersamaan, tentu akan ada kegiatan yang terganggu,” ucap Benny.

Tenyata, capaian yang diinginkan Bawaslu dari kegiatan itu, diterjemahkan dengan baik oleh Tim LUMINT. Selain upaya upaya membangun Kekompakan lewat diskusi-diskusi singkat kelompok menciptakan yel-yel kelompoknya, serta berbagai permainan menariknya, diakhiri dengan merangkat puluhan potongan kecil spanduk yang akhirnya sukses menjadi spanduk utuh selebar 2×3 meter di atas triplek yang tersedia. Semua saling mendukung, saling mencari potongan-potongan dengan kompak.

“Kegiatan ini merupakan program nasional. Nantinya, Bawaslu kabupaten kota juga akan menggelar kegiatan yang sama dengan panwascam di daerah masing-masing,” pungka Benny.

Sebelumnya, saat pembukaan kegiatan, Ketua Bawaslu Sumbar, Alni menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam upaya meningkatkan kapasitas SDM dan integritas serta soliditas menuju Bawaslu yang profesional.

Karena itu, Alni berpesan kepada semua keluarga besar Bawaslu Sumbar bersama seluruh anggota dan staf Bawaslu Kabupaten Kota, untuk terus menjaga profesionalime dan memperkuat integritas diri, sehingga semuanya memiliki mentalitas yang baik dalam menjaga marwah Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu.

“Bersama kita kuat, dengan kebersamaan kita bahagia. Together We Achive More. Semoga kegiatan ini membawa kebahagiaan untuk kita semua,” ungkap Alni. (ms/ald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *