Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBERITA UTAMANASIONALTERBARU

Pj Wako Andree Algamar Ikuti Rakor Penjabat Kepala Daerah Bersama Mendagri RI

17
×

Pj Wako Andree Algamar Ikuti Rakor Penjabat Kepala Daerah Bersama Mendagri RI

Sebarkan artikel ini
Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Harmadi Algamar. (Foto dok/Rls)

PADANG, RELASI PUBLIK – Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Harmadi Algamar mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pj. Kepala Daerah Bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) secara virtual, dari Rumah Dinas Wali Kota Padang, Kamis (20/6/2024).

Rapat yang diikuti oleh Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) se-Indonesia ini dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Secara umum Rakor ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja Penjabat kepala daerah dengan fokus pada isu-isu strategis terkait pelaksanaan Pilkada dan tata kelola penyelenggaraan pemerintah daerah.

Mendagri Tito Karnavian dalam arahannya menyebutkan, per 20 Juni 2024 ini telah dilakukan pengisian Pj. Kepala Daerah (KDH) sebanyak 273 orang. Rinciannya, Pj. Gubernur sebanyak 28 orang, Pj. Bupati sebanyak 189 orang, dan Pj. Wali Kota sebanyak 56 orang.

“Per 20 Juni ini kita juga telah melakukan pergantian terhadap Pj KDH ini. Terdapat 4 orang yang mengundurkan diri, 5 orang tersangka hukum, 4 orang pensiun, 1 orang meninggal, 1 orang sakit, dan 5 orang dilantik menjadi Penjabat KDH di daerah lain,” ungkapnya.

Mendagri juga menyebutkan bahwa Pemilu Pilkada 2024 akan digelar secara serentak pada 27 November nanti. Pilkada serentak yang pertama kali dilakukan dalam sejarah Indonesia ini bertujuan untuk sinkronisasi program pemerintah pusat dan daerah.

“Pilkada ini nantinya akan diikuti oleh 37 Provinsi kecuali Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kemudian juga akan diikuti oleh 93 kota dan 415 kabupaten kota, kecuali kabupaten kota di Provinsi DKI Jakarta. Untuk itu saya minta kepada Pj. KDH untuk menyukseskan Pilkada serentak ini, mulai dari pemenuhan anggaran hingga nanti membangun koordinasi dengan unsur Forkopimda,” sebutnya.

Turut mendampingi Pj. Wali Kota Padang dalam rapat virtual ini, Pj. Sekda Yosefriawan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Inspektur Arfian, Kepala Bappeda Yenni Yuliza, Kaban Kesbangpol Tarmizi Ismail, Kabag Tata Pemerintahan Eka Putra Buhari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *