Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BERITA UTAMADAERAHHUKUM & KRIMINALTERBARU

Lewat Sosialisasi, Bupati Ingatkan Masyarakat Jangan Mudah Percaya Aliran Asing

217
×

Lewat Sosialisasi, Bupati Ingatkan Masyarakat Jangan Mudah Percaya Aliran Asing

Sebarkan artikel ini
Bupati Pessel Hendrajoni (dok)

Relasipublik PAINAN – Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, mengingatkan kepada masyarakat Pessel, agar tak mudah percaya sekelompok orang asing yang mengajak masuk kepada aliran kepercayaan yang tidak jelas atau modus menjanjikan hadiah. Sebab, hal itu akan menyebabkan pemahaman yang menyesatkan.

“Aliran yang tidak jelas bisa dianggap aliran sesat, hal itu akan merugikan diri kita nantinya,” sebut Bupati, saat menggelar sosialisasi pengawasan organisasi aliran kepercayaan masyarakat di UPTD Pendidikan lenggayang, beberapa waktu lalu.

Menurut Bupati, dengan adanya sosialisasi tersebut, maka diharapkan pula seluruh lapisan masyarakat mampu meningkatkan pemahaman masing-masing terhadap kebijakan pemerintah tentang pentingnya memelihara semangat kebersamaan yang majemuk.

“Dalam kondisi saat ini, kita sangat perlu memelihara dan meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Sebab, perbedaan etnis, agama dan kepercayaan harus selalu dijaga dalam suasana kedamaian, kita jangan mudah terpengaruh terhadap aliran asing,” harapnya.

Dijelaskannya, mengingat kondisi teknologi yang serba canggih sekarang ini, informasi dan berita hoak mudah tersebar disejumlah media sosial. Hal itu mengakibatkan terjadinya konflik karena banyaknya ragam kepercayaan masyarakat yang tidak jelas, sehingga bertentangan dengan ajaran agama Islam.

“Kita harus mampu menjadi barometer dalam pengawasaan terhadap aliran kepercayaan yang dapat menimbulkan potensi keresahan di tengah-tengah masyarakat,” ajak Bupati.

Lebih lanjut katanya, walaupun Kabupaten Pessel dikenal selama ini sebagai daerah yang tergolong aman. Namun sejumlah sosialisasi terus saja dilakukan, mengingat sangat perlunya sebagai upaya pencegahan dini terhadap masyarakat, agar terhindar dari pemahaman yang dianggap sesat, konflik sosial, agama, dan sebagainya.

“Pemkab Pessel beserta Forkopimda akan terus berupaya melakukan pengawasan dan diteksi secara dini terhadap hal-hal yang akan menggangu ketentraman ditengah-tengah masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kasatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pessel, Rinaldi, mengatakan, bahwa pihaknya akan selalu menjaga ketentraman dan keamanan antar umat beragama di Pessel. Hingga saat ini, kata dia, Pessel bisa dikatakan dalam kondisi aman dan terkendali terhadap aliran asing.

“Namun pihak kita tetap menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati terhadap suatu aliran yang tidak jelas. Jika menemukan sesuatu yang mencurigakan, segera laporkan kepada kita, pihak kita akan menindak tegas,” tutupnya. (h/Rp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *