Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BERITA UTAMAINTERNASIONALTERBARU

Ketum PMI Serahkan Bantuan Korban Gempa ke Dubes Turki

53
×

Ketum PMI Serahkan Bantuan Korban Gempa ke Dubes Turki

Sebarkan artikel ini
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla bersama Kedutaan Besar Turki, diwakili oleh Ömer Orhun Çelikol, Chargé d'Affaires a.i di Jalan H.R Rasuna Said, Kav. Kuningan, Jakarta. (Foto dok/ Hms PMI)

JAKARTA, RELASIPUBLIK – Palang Merah Indonesia (PMI) menyerahkan bantuan sejumlah 100.000 US dollar ke Duta Besar (Dubes) Turki untuk Indonesia yang di wakili Ömer Orhun Çelikol, Chargé d’Affaires a.i. Jumat (10/2). Bantuan tersebut diserahkan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla di Kedutaan Besar Turki, Jalan H. R. Rasuna Said, Kav. Kuningan, Jakarta.

JK mengatakan, bantuan tahap pertama ini untuk membantu memenuhi kebutuhan mendesak masyarakat terdampak di Turki dan Suriah. PMI, lanjut JK, telah menggalang donasi publik untuk menghimpun bantuan tahap selanjutnya.

“Saat ini Turki dan Suriah tengah dilanda musim dingin, kebutuhan seperti selimut, bahan pangan, dan tenda keluarga adalah kebutuhan yang paling mendesak. Uluran tangan masyarakat Indonesia akan sangat meringankan penderitaan saudara-saudara kita di sana,” kata JK.

Ribuan pengungsi di Turki dan Suriah tengah membutuhkan sejumlah kebutuhan mendesak untuk bertahan dari dampak gempa beberapa waktu lalu. Donasi dari masyarakat di tanah air akan disalurkan PMI melalui Bulan Sabit Merah Turki dan Bulan Sabit Merah Suriah.

Lembaga bantuan kemanusiaan internasional, IFRC telah merilis daftar kebutuhan mendesak untuk penyintas gempa di Turki dan Suriah. PMI beriinisiatif menghimpun dana untuk memenuhi sejumlah kebutuhan mendesak tersebut. PMI juga tengah menyiapkan tim kesehahatan darurat yang akan ikut serta dengan tim gabungan Pemerintah.

Merespon hal tersebut PMI Provinsi Sumatera Barat pun ikut membuka penggalangan dana. Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat, Aristo Munandar mengatakan penggalangan dana ini dilakukan serentak bersama PMI Kab/Kota se-Sumatera Barat. Donasi dibuka selama satu bulan terhitung mulai hari ini sampai tanggal 11 Maret mendatang.

Penggalangan dana ini, lanjut Aristo, merupakan bentuk solidaritas PMI kepada masyarakat Turki dan Suriah yang juga ikut memberikan bantuan untuk korban gempa bumi di Sumatera Barat pada tahun 2009 lalu. “Tidak hanya itu, Bulan Sabit Merah Turki juga mengirimkan bantuan untuk bencana Tsunami di Mentawai pada tahun 2010”, jelas Aristo.

Kepada masyarakat Sumatera Barat yang ingin membantu juga dapat menyalurkan donasi melalui PMI di daerah masing-masing. Donasi melalui PMI Provinsi Sumatera Barat dapat disalurkan ke Rekening : 2100.0230.00080-5, Bank Nagari atas nama PMI Provinsi Sumbar.

Masyarakat yang akan menyalurkan donasinya diimbau agar berhati-hati dengan penggalangan dana tidak resmi yang mengatasnamakan PMI.

Humas PMI Provinsi Sumatera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *