Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BERITA UTAMANASIONALOPINIPOLITIKTERBARU

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Daftar Capres dan Cawapres, Bagaimana Visi Misi?

95
×

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Daftar Capres dan Cawapres, Bagaimana Visi Misi?

Sebarkan artikel ini
Naifah Thalitha Naurah Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2022I (Foto dok NTN)

Penulis: Naifah Thalitha Naurah
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2022I

Pasangan bakal capres dan cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD telah tiba di Kantor Pemilihan Umum (KPU) RI untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon presiden dan calon wakil presiden pada Kamis (19/10/2023) sekitar pukul 12.30 WIB.

Sebelum menuju gedung KPU, mereka dan rombongan melakukan serangkaian iring-iringan yang bermula dari Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat sekitar pukul 11.45 WIB. Pasangan ini terlihat menggunakan mobil bak terbuka yang dibelakangnya dimodifikasi membentuk seperti rumah yang dibalut dengan bendera merah putih.

Ribuan masyarakat para pendukung pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden ini sudah memadati jalan sekitaran Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat yang selanjutnya bakal bertolak menuju kantor KPU RI. Para pendukung kompak membawa atribut partai pengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berupa bendera kecil maupun bendera yang berukuran besar serta mengenakan kostum yang sesuai dengan warna partai mereka.

Diketahui, Ganjar dan Mahfud MD resmi mendaftarkan diri ke KPU untuk Pilpres 2024 pada hari pertama tahapan pendaftaran bakal capres dan bakal cawapres di KPU RI. Mereka menjadi pasangan kedua yang mendaftar setelah pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar lebih dulu mendaftar pada Kamis pagi.

Sebelum memasuki ruangan pendaftaran calon presiden dan wakil calon presiden, Ganjar dan Mahfud menyempatkan diri untuk berinteraksi dengan sejumlah awak media. Pendaftaran saat itu tampak didampingi oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Plt. Ketua Umum DPP PPP Mardiono, Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), dan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo.

Terlihat pula jajaran elite dari empat partai besar tersebut, yakni Puan Maharani, Hasto Kristiyanto, dan Muhammad Prananda Prabowo. Tak hanya itu, jajaran dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo juga ikut mengantarkan Ganjar dan Mahfud mendaftarkan diri ke KPU, mereka yang turut hadir adalah Ketua TPN Arsjad Rasjid serta beberapa wakil ketua di antaranya Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa dan Angela Tanoesoedibjo.

Saat jumpa pers bersama wartawan di pelataran Kantor KPU RI, Ganjar pun berharap kepada masyarakat untuk tidak sungkan memberikan masukan, saran, dan kritikan kepada mereka.

“Kami ingin terus-menerus mendengar catatan dan masukan dari masyarakat agar dapat menyempurnakan hal itu jelang Pemilu 14 Februari 2024,” kata Ganjar.

Ganjar dan Mahfud MD menunjukkan bawaan masing-masing mereka, Ganjar membawa buku yang bergambar seperti ilustrasi dirinya sedangkan Mahfud membawa sebuah kertas putih dibingkai yang didalamnya terdapat QR kode.

”Kami akan menyerahkan dokumen scrapbook yang jauh lebih gampang dilihat dan dipahami. Jadi, ini ada dokumen tertulisnya dan pak Mahfud yang bawa barcode nya, sehingga siapapun bisa membawa dengan mudah. Mohon diterima ya,” ucap Ganjar kepada ketua KPU Hasyim Asyari.

Ganjar pun menyampaikan keterangan di KPU, bahwa scrapbook itu merupakan visi misi mereka dengan mengusung tema “Menuju indonesia unggul, gerak cepat mewujudkan negara maritim yang adil dan lestari”.

Sebelumnya, KPU RI telah resmi membuka pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden untuk pemilu 2024 pada 19-25 Oktober 2023. Hal tersebut sebagaimana telah diatur dalam undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum (UU Pemilu), dijelaskan bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit sekitar 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh setidaknya 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, masih terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada pemilihan presiden 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Namun demikian, bisa juga pasangan calon diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu 2019 dengan total perolehan sekitar 34.992.703 suara sah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *