Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BERITA UTAMADAERAHPERISTIWATERBARU

Datangi Rumah Duka, Penghulu Suku Jambak Sampaikan Ini !

243
×

Datangi Rumah Duka, Penghulu Suku Jambak Sampaikan Ini !

Sebarkan artikel ini
Penghulu suku Jambak nan Batujuah Nagari Pauh IX Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM, melepas keberangkatan jenazah Almarhum Syafrizal . (Foto dok/AdF)

PADANG, RELASIPUBLIK – Penghulu suku Jambak nan Batujuah Nagari Pauh IX Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM, melepas keberangkatan jenazah salah seorang anak kemenakan suku Jambak Almarhum Syafrizal 52 tahun dari rumah duka jalan Bandar Puding Kelurahan Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji Kota Padang, pada Jumat 21/10/22022.

Dalam sambutannya, Irwan Basir yang juga merupakan Ketua MPA KAN Pauh IX itu menyampaikan setiap musibah kematian itu adalah pelajaran bagi setiap umat manusia. Kafabilmauti wa idzho. Cukuplah kematian itu menjadi pelajaran bagi seluruh manusia.

” Setiap musibah kematian adalah pelajaran bagi kita dimana apabila tiba saatnya nanti, kita juga akan menempuhnya. Segala embel-embel yang kita miliki, baik pangkat, harta dan kedudukan takkan ada artinya lagi sewaktu maut itu sudah menghampiri kita. Inilah pelajaran yang dimaksud, bahwa tidak ada yang perlu dibanggakan di atas dunia ini,” ucap Irwan Basir.

Lebih lanjut disampaikan, selaku orang mukmin, kedatangan kita melayat kerumah duka ini adalah bentuk hubungan kita antar sesama manusia atau hablumminannash. Disamping itu juga karena hubungan persaudaraan kita selaku orang mukmin. Innamal mukminunna ikhwa. Setiap orang mukmin itu adalah bersaudara.

” Innamal mukminunna ikhwa. Setiap orang mukmin itu adalah bersaudara. Tanda kita bersaudara, kita datang ke rumah duka ini untuk melayat dan melepas keberangkatan almarhumah ke peristirahatan terakhirnya. Mungkin hari ini beliau yang terbaring dihadapan kita. Kita yang datang melayatnya. Suatu saat nanti kitalah yang akan terbaring didepan para pelayat. Hanya waktunya saja kita tidak tahu kapan datangnya,” ujar tokoh yang juga ketua DPD LPM Kota Padang ini.

Irwan Basir juga mengamanatkan kepada anak-anak almarhum agar senantiasa mendoakan almarhum agar diampuni segala dosa-dosanya dan diterima segala amal ibadahnya.

” Putuslah segala amalan anak cucu Adam di atas dunia ini apabila dia telah mati. Kecuali tiga perkara, sadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak yang shaleh. Tiga perkara ini lah yang tidak pernah putus-putusnya dengan almarhum dan salah satunya anak yang shaleh yang selalu mendoakannya,” terang Irwan Basir lagi.

Terakhir, Ketua Dekopinda Kota Padang ini juga menyampaikan permohonan maaf untuk almarhum kepada para pelayat. Almarhum yang sudah lama hidup dan bergaul dengan seluruh masyarakat tentu ada kesalahan dan kehilafan yang telah dilakukan. Baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Agar tidak terhalang perjalanan almarhum dalam menghadap Sang Khalik, selaku orang mukmin kewajiban kita untuk memaafkannya

“Dalam hidup almarhum sudah cukup lama bergaul dengan kita. Sudah 52 tahun. Tentu ada kesalahan dan kekhilafan yang telah beliau lakukan. Baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Agar tidak terhalang perjalanan almarhum dalam menghadap Allah Swt. selaku orang mukmin kita wajib memaafkannya. Pun terhadap utang piutang yang dapat dibuktikan hitam di atas putih dapat menghubungi ahliwaris atau keluarganya untuk diselesaikan,” jelas Irwan Basir.

Almarhum Syafrizal meninggal dalam usia 52 tahun dan meninggalkan satu orang isteri dan 3 orang anak. Almarhum merupakan salah seorang Alumni SMP Negeri 10 Padang angkatan 87.

Turut melayat ninik mamak KAN Pauh IX, ninik mamak suku Jambak nan Batujuah, Alumni SMP Negeri 10 Padang angkatan 87 dan para pelayat lainnya. Almarhum Syafrizal akan dimakamkan di pandam kuburan kaum di Bukit Napa Kecamatan Kuranji Kota Padang. (AdF/MS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *