Tindak Lanjut Arahan Camat,Kelurahan Sicincin Bagikan Masker Bagi Keluarga Kurang Mampu

PAYAKUMBUH, RELASIPUBLIK —Menindaklanjuti arahan Camat Payakumbuh Timur tentang gerakan Satu Orang Satu Masker di Kecamatan Payakumbuh Timur, Rabu, (8/4), Lurah Sicincin Kecamatan Payakumbuh Timur Syamsir membagikan ratusan masker kain kepada warga kurang mampu dikelurahannya. Penyerahan dilakukan secara simbolis melalui para Ketua RT di kantor lurah setempat.

“Hari ini kami membagikan sebanyak 286 buah masker kain kepada warga kami khususnya warga kurang mampu dan para pekerja informal melalui Ketua RT masing-masing, semoga bisa membantu mencegah masuknya virus corona di kelurahan kami,” ujar Syamsir disela-sela pembagian masker.

Dikatakan, masker yang dibagikan berasal dari sumbangan warganya yang tergerak untuk berpartisipasi menyukseskan gerakan Satu Orang Satu Masker di Kecamatan Payakumbuh Timur khususnya di Kelurahan Sicincin.

“Alhamdulillah, dari sosialisasi yang kami lakukan kepada sejumlah warga yang memiliki latar ekonomi yang baik, sebagian bersedia membantu berbagi masker gratis kepada sesama, semoga semakin hari semakin banyak lagi yang berpartisipasi,” ujar Syamsir.

Ditambahkan, pengadaan masker tahap pertama Itu tersebut belum melalui pemberdayaan para tukang jahit di kelurahannya. Hal itu dikarenakan, pihaknya menginginkan kecepatan dalam pendistribusian masker tersebut.

“Tahap awal ini kami belum berdayakan para penjahit lokal, tapi langsung beli yang sudah jadi dipasar agar bisa cepat diserahkan ke warga. Kedepan , sesuai arahan Camat, kami akan berdayakan para penjahit yang Ada Di kelurahan kami,” terang Syamsir.

Terpisah, Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi menyambut baik gerak cepat yang dilakukan Lurah Sicincin. Dia berharap, target gerakan satu orang satu masker di Payakumbuh Timur bisa segera terpenuhi.

“Kemarin, Kelurahan Payobasung sudah distribusikan 100 masker, Kelurahan Kotobaru Payobasung juga sudah distribusikan 500 masker dan hari ini Kelurahan Sicincin 286 masker, semoga niat baik kita memutus rantai penyebaran virus Covid-19 melalui gerakan satu orang satu masker bisa segera terealisir,” ungkap Camat Irwan.

Ditambahkan, dalam upaya memutus rantai penyebaran virus Covid 19 ini, pihaknya lebih fokus kepada penyediaan masker bagi warga dari pada proses penyemprotan desinfektan. Dikatakan, pemakaian masker lebih efektif dan punya nafas yang lebih panjang dalam perang dengan Covid 19 ini dibandingkan dengan penyemprotan.

“Kami mengistilahkan pemakaian masker ini dengan istilah lockdown pribadi. Lockdown pribadi ini jauh lebih efektif dan murah ketimbang penyemprotan,” pungkasnya.

Gerakan Satu Orang Satu Masker di Kecamatan Payakumbuh Timur ini sejalan dengan keluarnya instruksi Gubernur Sumatera Barat Nomor 360/013/Covid-19-SBR/IV/2020 tanggal 6 April 2020 tentang Penggunaan Masker Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. (CAN)