Pemkab Pessel Distribusikan Beras dan Sembako Korban Abrasi

PAINAN, RELASIPUBLIK – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan diwakili Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Zulfian Aprianto menyerahkan sebanyak 500 kilogram beras kepada 38 Kepala Keluarga (KK) korban bencana abrasi pantai di Dusun Muaro, Kampung Bukit Tambun Tulang, Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas, Selasa (1/10).

Zulfian Aprianto menyebutkan, selain 500 kilogram beras, pemkab juga menyalurkan sebanyak 6 dus makanan siap saji, 3 terpal tenda pengungsian dan lainnya.

Sementara itu, Camat Batang Kapas Wendra Rovikto mengemukakan abrasi pantai di Muaro Kampung Bukit Tambun Tulang, Nagari IV Koto Hilie, mengakibatkan sebanyak 38 buah rumah rusak berat.

Akibatnya, lanjut camat, 18 KK beserta 84 orang mengungsi. Sebagian dari mereka mengungsi di tenda milik Kementerian Sosial RI dan yang lainnya menumpang di rumah familinya.

Dalam kesempatan itu, camat mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Pessel yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat Muaro Batang Kapas.

Sebelumnya, Sekdakab Pessel, Ir.Erizon, MT juga menyalurkan bantuan kepada korban abrasi pantai di Dusun Muaro yaitu perlengkapan bayi, selimut dan sembako.

Pada kesempatan itu sekda mengatakan, pemkab terus memantau berbagai kebutuhan pengungsi. Menurutnya, akibat abrasi pantai, sebagian kepala keluarga di Dusun Muaro mengungsi di tenda yang disiapkan, dan sebagian lagi menumpang di rumah sanak keluarganya.

Khusus bagi rumah yang terdampak pihaknya berencana menyiapkan pemukiman baru sehingga warga setempat benar-benar aman dari ancaman abrasi pantai dan pasang laut.

“Rencana penyiapan pemukiman baru sesuai dengan pesan Bupati Hendrajoni kepada kami, saat ini beliau sedang di Jakarta untuk membicarakan hal itu,” katanya.***