Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Mahasiswa Prodi TIK STKIP Pessel Menulis

Oleh: Riska Mayeni, M.Pd.

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata kuliah dasar umum dalam kurikulum pendidikan tinggi seperti yang diamanatkan oleh UU RI NO 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi, tepatnya pada pasal 35 ayat 3. Maka kuliah ini, termasuk mata kuliah wajib diikuti mahasiswa. Salah satunya, STKIP Peseisir Selatan merupakan satu perguruan tinggi yang telah hadir di Pesisir Selatan dengan alokasi kampus 1 JL Koto Kui, Ranah Pesisir, 25666, Balai Selasa, Kab. Pesisir Selatan terdiri dari empat prodi diantaranya ada prodi MTK (Terakreditasi BAN PT), Prodi TIK (Terakreditasi BAN PT), Prodi Geografi (Terakreditasi BAN PT), Prodi B. Inggeris menjadikan pembelajaran bahasa Indonesia sebagai MKDU untuk semua prodi.

Sehubungan dengan penggunaan bahasa, terdapat empat aspek keterampilan berbahasa salah satunya keterampilan menulis. Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang bersifat aktif produktif. Keterampilan ini dipandang menduduki hierarki yang paling rumit dan kompleks di antara jenis-jenis keterampilan berbahasa lainnya. Mengapa ? Aktivitas menulis bukanlah sekedar hanya menyalin kata-kata dan kalimat-kalimat, melainkan menuangkan dan mengembangkan pikiran-pikiran, gagasan-gagasan, ide, dalam suatu struktur tulisan yang teratur, logis, sistematis, sehingga mudah ditangkap oleh pembacanya (Mulyati dkk : 1.10).

Sehubungan dengan pernyataan tersebut maka salah satu dosen STKIP Pessel Riska Mayeni, M.Pd (Penulis) melakukan gerakan menulis artikel dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Salah satu model yang digunakan yaitu dengan mengali pengalaman dan kegiatan yang dilalui sehari-hari seperti halnya yang ditulis salah satu mahasiswa prodi TIK Lairin Fajriani dengan judul“ Tips Jitu Menghilangkan Rasa Galau Paling Ampuh” . Tema yang diangkat adalah menghilangkan rasa galau, memang hal tersebut sering dialami bagi para remaja bahkan orang dewasa saat ini tak terkecuali dari kalangan mana pun. Karena galau merupakan suatu keadaan dimana kita memikirkan suatu hal secara berlebihan, bingung apa yang harus dilakukan dengan suatu hal sehingga menimbulkan efek emosi melabil, pikiran pusing, dan mendadak insomnia. Oleh karena itu, tema yg ditulis oleh salah satu mahasiswa prodi TIK bisa membatu siapa saja yang mengalami keadan galau.
Jadi kemampuan menulis bisa dimiliki siapa saja dengan menggali pengalaman dan aktivitas yang kita geluti sehari-hari. Untuk itu, mari kita menulis mulailah dari hal yang sederhana seperti cara berhias, cara memasak, cara menggunakan hp, dan lain-lain.

Tips Jitu Menghilangkan Rasa Galau Paling Ampuh

Galau adalah perasaan yang timbul dari hati berupa kejenuhan dan keresahan terhadap suatu hal. Pastinya, disaat hati galau dan pikiran merasa tidak tenang maka timbul rasa gundah, gelisah yang menggerogoti dalam kehidupan kita.

Dampak negatif lain yang ditimbulkan adalah, kita tidak akan pernah merasa fokus dalam melakukan kegiatan apapun, baik disaat bekerja maupun dalam melakukan aktivitas yang lainya .

Hampir semua remaja, anak-anak abg yang masih labil, bahkan orang dewasa sekalipun pernah juga mengalami yang satu itu . Sebagai manusia, hati kita diciptakan dengan dua keadaan, ada keadaan “senang happy dan ada kondisi sedih murung” jadi wajar ya guys..

Jika pada tingkat anak-anak, kadang kegalauanya datang karena masalah tertentu, seperti malas membuat tugas atau pr dari guru, bertengkar dengan teman dan lain sebagainya.

Orang dewasa dan remaja kecenderungan mereka berbeda, tergantung banyak atau sedikitnya . Kebanyakan yang membuat kegalauan dan kesedihan mereka adalah persoalan asmara (Cinta), tapi santai saja guys.. “memang hukum alam seperti itu”.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa galau adalah:

1.Melakukan hal yang bermanfaat

Disaat galau, janganlah anda larut dalam kesedihan dan kesendirian saja. Galau karena ditolak atau putus cinta bukanlah akhir dari segalanya. Jangan jadikan galau sebagai pematah semangat karena untuk menghilangkan galau dapat diatasi dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat seperti, menulis lirik lagu berdasarkan kisah yang kita alami, menulis cerpen dan masih banyak lagi hal yang dapat menghilangkan galau tersebut.

2.Berhenti mengintip semua hal tentang dia

Jika ingin menghilangkan kegalauan yang berkaitan tentang si dia, tentu saja langkah yang satu ini adalah salah satu jurus jitu untuk mengantisipasinya. Dengan berhenti mencari tau atau mengintip tentang keseharian si dia tentu akan membuat kita perlahan-lahan bisa move on dan bisa melupakannya bahkan kita bakal dapat mengubur dalam-dalam semua kenangan yang berkaitan dengan sidia . Selain itu, bisa dilakukan dengan meng unfollow instagram, memblokir contact, bahkan kalau perlu menyimpan jauh-jauh benda pemberian dari dia.

3.Mencari Kesibukan

Kesibukan telah menjadi penanda status absurd mengingat dampaknya pada kesejahteraan hidup, dengan mencari kesibukan ini serasa hari-hari cepat berlalu seakan perputaran waktu begitu cepat jadi melakukan berbagai kesibukan adalah seperti mendengarkan music,melihat acara tv lawak dan lain sebaiknya itu adalah salah satu kegiatan terbaik untuk menghilangkan rasa galau tersebut .

4.Memperbanyak ibadah

Dengan beribadah adalah cara paling ampuh untuk mengatasi rasa galau yang kita rasakan. Cuma Allah tempat pengaduan kita satu-satu nya, Dia lah yang memberi arah dan jalan terbaik untuk hidup kita. Jangan pas galau aja ingat Allah ya gusy..tidak ada kata terlambat selagi jiwa masih bisa bernafas. Mari segera mengingat sang pencipta agar hidup kita bisa menjadi lebih tenang. Ingat perkatan ini!!”hidup akan berhasil jika ada usaha dan usaha akan berhasil jika disertai do’a”Nah dengan demikian kita harus selalu berdoa dan tidak boleh melupakan Sang Pencipta agar hidup kita menjadi terarah dan segala masalah yang datang segera di beri jalan Aminn..

5.Banyak berkumpul dengan sahabat

Memperbanyak berkumpul untuk berbagi atau curhat kepada sahabat terdekat karena dia akan bisa memberi motifasi hidup tentang masalah yang kita alami dan mencari jalan atau solusi terbaik untuk kehidupan kita kedepanya. Galau jangan hanya menyendiri dikamar dan menyudutkan diri, seolah-olah selalu belarut -larut dalam kesedihan yang kita alami. Bangkitlah gusy..dan lakukan hal-hal yang membuat hati riang dan senang selagi itu positif, seperti berkaroke, jalan-jalan have fun bareng teman sehingga bisa meng refrres fikiran dari kegalauan tersebut.

6.Cari pasangan yang baru lagi

Belajar membuka hati lagi buat seseorang karena ada pepatah yang mengatakan bahwa “bunga tak setangkai dan kumbang pun tak seekor” jadi tidak ada salahnya membuka hati lagi dan mengajak seseorang untuk berkenalan lagi, saling bertukar pikiran lagi, mana tau dapat yang terbaik dari masa lalu yang kita alami dari yang sebelumnya. Buktikan kalau kita bisa tampa dia bersainglah secara sehat guys..yang lalu biarlah berlalu karena yang lebih baik telah menantimu jadi jangan galau lagi ya guys ..

7.Selalu Tersenyum

Tersenyum di setiap harinya sehingga kita bisa merasakan kebahagian yang sederhana dan selalu meningkatkan rasa syukur kepada Sang Pencipta, hilangkan berbagai masalah dalam otak yang membuat pikiran jenuh. Tersenyum identik dengan rasa kebahagiaan dan rasa senang dimana ketika hati sedang berbahagia maka cara paling ampuh untuk menghilangkan rasa galau adalah selalu tersenyum meski cobaan kian menghadang, sebab badai pasti berlalu bersama Allah.

Itulah tips jitu dari saya untuk mengatasi kegalauan memang tak dapat dipungkiri bahwa kata-kata galau memang sudah mendarah daging bagi kaum muda dizaman yang serba somed ini terutama para remaja yang masih dalam proses untuk memjadi dewasa. Hendaklah bijak dalam bersikap jika suatu saat nanti kata-kata galau ini datang menghampirimu apalagi sampai berbuat nakat . Disaat galau tersebut menghampirimu, gunakan logika dan akal fikiran yang sehat dalam mengantisipasinya. Tetap lakukan hal-hal yang positif agar galau tak menguasai hati dan fikiran.