Jurusan Bahasa Inggris PNP Lakukan PPKM di SDN 01 Sawahan Padang

PADANG, RELASIPUBLIK —Sebagai bentuk komitmen untuk berbagi ilmu, walau di masa pandemi, Jurusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Padang (PNP) tetap mengadakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PPKM).

Kali ini, 5 orang dosen Jurusan Bahasa Inggris PNP yang diketuai oleh Muthia Damaiyanti mengadakan PPKM dengan tema “Memaksimalkan Pengajaran Berbasis e-Learning Bagi Sekolah Dasar di Kota Padang”, yang dilaksanakan di SDN 01 Sawahan, Kecamatan Padang Timur.

Kepala SDN 01 Sawahan Hj. Hisweri dan para guru sekolah tersebut menyambut baik kegiatan PPKM ini dikarenakan memang pada saat pandemi ini, program pengajaran yang diusung oleh tim PPKM sangat dibutuhkan sekali dalam proses belajar mengajar dengan para anak didik.

Menurut Ketua Tim PPKM Muthia Damaiyanti, pelatihan tim PPKM PNP mengusung pengajaran menggunakan “Google Classroom” sebagai salah satu media yang efektif selain menggunakan aplikasi WhatssApp yang dipakai oleh para guru SDN 01 Sawahan.

“Dengan menggunakan platform Learning Management System (LMS) ini diharapkan proses belajar mengajar bisa berlangsung efisien dan efektif, sehingga bisa mencapai standar pembelajaran yang sudah dirancang sebelumnya oleh para guru,” ujar Muthia, Rabu (29/7).

Walaupun sistem pengajaran berubah dari kehadiran di kelas menjadi pembelajaran daring di rumah, disebut Muthia dengan menggunakan platform LMS ini, secara tidak langsung dapat mengupgrade wawasan dan kemampuan para guru mengenai pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang sangat dibutuhkan sekali pada masa sekarang ini.

Selain itu, lanjutnya, juga dapat mengasah kecerdasan siswa untuk berkreativitas di dalam dan di luar kelas. “Apalagi pada era Revolusi Industri 4.0 ini, kemampuan menggunakan TIK wajib dimiliki oleh pendidik, dan siswa. Tidak saja untuk proses pembelajaran, tetapi juga untuk kegiatan lainnya,” tukas dosen Bahasa Inggris di PNP ini.

(Rel/PNP)