Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BERITA UTAMATERBARU

Tutup KKN Tematik, Mahasiswa UNP Gelar Festival Alek Nagari

73
×

Tutup KKN Tematik, Mahasiswa UNP Gelar Festival Alek Nagari

Sebarkan artikel ini
Festival Alek Nagari Maek 2023 diadakan di Lapangan Jorong Ronah Maek dibuka oleh Wali Nagari Maek, Efrizal Hendri Dt. Patiah. (Foto dok/NV)

LIMAPULUH KOTA, RELASIPUBLIK- Mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Festival Alek Nagari di Nagari Maek Kecamatan Bukit Barisan Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu dan Minggu (4-5/2/2023).

Desvy Sagita Ramadhyanti, Sekretaris Tim KKN Tematik UNP di Nagari Maek sekaligus Penanggung Jawab festival menerangkan, gelaran itu merupakan puncak dari kegiatan sekaligus menandai berakhirnya Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 32 orang mahasiswa UNP lintas fakultas di daerah itu selama satu bulan sejak awal Januari 2023 lalu.

“Festival atau alek tersebut diadakan sebagai puncak kegiatan selaligus menandai berakhirnya KKN Tematik kami di Nagari Maek,” ungkap Desvy, Senin (6/2/2023).

Dia menerangkan, dalam alek nagari itu, diisi dengan berbagai acara dan lomba. Antara lain pertunjukan kesenian, perlombaan permainan tradisional anak nagari, lomba nyanyi solo, lomba inovasi kuliner, dan lomba sepak bola untuk tingkat SD, serta penampilan adat tradisi makan bajamba.

“Selain itu, juga dilakukan peluncuran (launching) produk cemilan herbal Keripik Daun Gambir hasil penemuan mahasiswa KKN,” ujarnya.

Dia menambahkan, Festival Alek Nagari Maek 2023 terselenggara berkat kerja sama yang baik antara mahasiswa KKN Tematik UNP 2023 dengan pemuda dan Pemerintah Nagari Maek.

Desvy, atas nama mahasiswa menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh masyarakat terutama para pemuda, pemerintah nagari dan seluruh pihak yang telah memberikan kontribusi yang besar terhadap suksesnya kegiatan mereka di Nagari Maek.

“Ungkapan terima kasih yang sangat besar kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan mahasiswa selama satu bulan di Nagari Maek. Kami juga berharap kegiatan ini dapat membantu dalam upaya promosi kearifan lokal di nagari ini,” ungkapnya.

Festival Alek Nagari Maek 2023 diadakan di Lapangan Jorong Ronah Maek dibuka oleh Wali Nagari Maek, Efrizal Hendri Dt. Patiah. Kegiatan itu juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Wendi Chandra dan Ketua Badan Musyawarah Nagari Maek, Maskam Fauzi Dt. Gindo Lelo.

Maskam Fauzi memberikan apresiasi atas perhelatan yang digelar oleh mahasiswa UNP tersebut. Dia menilai, festival tersebut merupakan suatu gebrakan besar untuk Nagari Maek dan berharap bisa menjadi salah satu perhelatan rutin tahunan oleh pemuda dan pemerintah nagari.

“Ini merupakan suatu gebrakan besar yang dirintis oleh para mahasiswa dan kami berharap nanti bisa menjadi perhelatan rutin tahunan yang dilanjutkan oleh masyarakat dan pemerintah nagari,” ucapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *