Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBERITA UTAMANASIONALTERBARU

Ratusan Massa Lakukan Aksi Demo di PT LIN Pasaman Barat

20
×

Ratusan Massa Lakukan Aksi Demo di PT LIN Pasaman Barat

Sebarkan artikel ini
Ratusan massa demonstrasi di kawasan PT Laras Internusa (PT LIN) Kinali, Pasaman Barat, Selasa (9/7/2024). (Foto dok/Rls)

PADANG, RELASI PUBLIK – Ratusan massa kembali melakukan aksi demonstrasi di kawasan PT Laras Internusa (PT LIN) Kinali, Pasaman Barat, Selasa (9/7/2024).

Demo tersebut merupakan aksi kedua kalinya dalam bulan ini yang dilakukan oleh masyarakat adat Kinali. Sebelumnya aksi serupa juga dilakukan massa pada, Selasa (2/7) lalu.

Massa menuntut hak lahan perkebunan sawit berupa plasma sebesar 20 persen dari Hak Guna Usaha (HGU) yang dikelola PT LIN sebesar 7.000 hektare.

“Sampai tuntutan kita diterima oleh PT LIN, kita akan terus melakukan aksi,” tegas Ali Bakri, Ketua Koperasi Produsen Plasma Masyarakat Adat Kinali.

Menurutnya, setelah melakukan aksi minggu lalu hingga saat ini belum juga ada titik terang antara masyarakat dan pihak perusahaan.

“PT LIN bersikukuh dengan pendapatnya, dan kita akan terus menuntut hak masyarakat,” ujarnya.

Menurunya, tuntutan masyarakat tersebut bukan tanpa alasan, melainkan merujuk kepada Undang-Undang No 39 Tahun 2014, dimana perusahaan wajib memberikan 20 persen dari total lahan yang dikelola.

Tak hanya itu, Bupati Pasaman Barat pun sudah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 100.3.3.3/457/BUP-PASBAR 2024 pada 16 Mei lalu yang subtansinya meminta kepada PT LIN dapat merealisasikan tuntutan masyarakat bahwa perusahaan wajib menyerahkan lahan yang telah dibangun seluas 20 persen

“Jadi subtansinya apa yang kita suarakan itu ada dasar hukumnya, sekarang kita tunggu mereka untuk merealisasikannya. Dan kita akan terus melakukan aksi hingga tuntutan dikabulkan,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *