Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BERITA UTAMADAERAHTERBARU

Lantik Pengurus Pramuka Mentawai 2023-2028, Audy Joinaldy Tekankan Kesiapan dalam Menghadapi Tantangan Zaman

6
×

Lantik Pengurus Pramuka Mentawai 2023-2028, Audy Joinaldy Tekankan Kesiapan dalam Menghadapi Tantangan Zaman

Sebarkan artikel ini
Foto: Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Gerakan Pramuka Sumbar, Audy Joinaldy bersama Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kepulauan Mentawai, Fernando J Simanjuntak (Dok. Adpsb)

MENTAWAI, RELASIPUBLIK–Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) sekaligus Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Gerakan Pramuka Sumbar, Audy Joinaldy, resmi melantik jajaran pengurus Gerakan Pramuka Kabupaten Kepulauan Mentawai masa bakti 2023-2028, Minggu (13/10/2024) di Aula Kantor Bupati Kepulauan Mentawai. Dalam arahannya, Audy mengingatkan Pramuka untuk senantiasa bisa menjawab berbagai tantangan perubahan zaman.

Pelantikan sendiri mencakup Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Kwartir Cabang (Kwarcab), dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kabupaten Mentawai. Pelantikan ini didasarkan Keputusan Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar Nomor 33 Tahun 2023, yang menetapkan susunan pengurus baru Kwarcab Kabupaten Mentawai, di mana Penjabat Bupati Mentawai, Fernando J. Simanjuntak selaku Ketua Mabicab turut merekomendasikan pengangkatan kepengurusan melalui surat bernomor 400.14.1.4/753.1/SETDA.

“Pramuka berperan penting di tengah tantangan zaman yang membawa berbagai pilihan bagi generasi muda, baik yang bersifat positif maupun negatif. Pramuka harus bisa menjawab tantangan ini. Kegiatan Pramuka harus menyentuh generasi muda secara keseluruhan, dengan tetap berpegang pada Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan,” ujar Audy.

Audy juga menegaskan, bahwa kegiatan Pramuka harus kreatif, inovatif, edukatif, dan disesuaikan dengan situasi masyarakat saat ini, sehingga bisa tetap menarik bagi anak muda. Di sisi lain, Audy mengaku prihatin dengan menurunnya minat generasi muda untuk bergabung dalam Pramuka. Padahal, Pramuka adalah tempat yang tepat untuk mengasah keterampilan, menyalurkan hobi, dan mengekspresikan diri.

“Kita hidup dalam era di mana dunia fisik dan digital saling terintegrasi. Oleh karena itu, generasi muda harus mampu berpikir kritis, menyelesaikan masalah kompleks, dan menjadi pemecah masalah, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain,” tegas Audy.

Selain itu, Audy berharap anggota Pramuka bisa menjadi garda terdepan dalam pendidikan kepramukaan dan berperan aktif dalam masyarakat. Ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus Mabicab, Kwarcab 0315, dan Lembaga Pemeriksa Keuangan yang baru dilantik, serta berharap diberikan kekuatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh organisasi dan masyarakat.

“Kehadiran kita di sini menunjukkan komitmen untuk mempersiapkan generasi penerus yang lebih baik. Terima kasih kepada Bupati dan semua pihak yang telah mendukung Gerakan Pramuka di Kepulauan Mentawai,” ungkapnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Fernando J. Simanjuntak selaku Ketua Mabicab Kepulauan Mentawai, turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Plt Gubernur Sumbar yang telah hadir dan melantik pengurus baru Pramuka di Mentawai.

“Saya berharap dengan adanya pengurus baru ini, anak-anak muda di Mentawai bisa lebih diarahkan pada kegiatan yang positif,” kata Fernando.

Di sisi lain, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan, menambahkan bahwa setelah pelantikan ini, pihaknya akan segera merancang dan menjalankan program-program kepramukaan di Mentawai.

“Kami akan segera bekerja dan menyiapkan program yang telah direncanakan. Namun, tentu kami membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, mulai dari Bapak Gubernur, Forkopimda Kepulauan Mentawai, serta dukungan anggaran untuk bisa merealisasikannya,” ujar Martinus. (adpsb/cen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *