Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBERITA UTAMADAERAHTERBARU

Ini Dia Calon Pemenang Pilkada di Sumbar, Hasil Olah Elektoral Oleh JPS

8
×

Ini Dia Calon Pemenang Pilkada di Sumbar, Hasil Olah Elektoral Oleh JPS

Sebarkan artikel ini
Foto: Logo JPS. (Dok Nov)

PADANG, RELASI PUBLIK – Tim Pilkada Jaringan Pemred Sumbar (TP-JPS) 2024 akan berakhir masa tugasnya sebelum penetapan Paslon.

Dari analisa elektoral dilakukan TP-JPS itu, dari 19 kota kabupaten plus provinsi menggelar pilkada serentak sudah diketahui hasilnya, jika Pilkada digelar hari ini atau besok.

“Kita ramu lewat pendekatan tanya sample dan basis elektoral para Paslon,” ujar Ketua TP-JPS 2024 Almudazir didampingi Ketua JPS Adrian Tuswandi pada diskusi hasil TP JPS, Kamis (19/9-2024) di sebuah kedai kopi di Padang Barat Kota Padang.

Menurut Toaik biasa Adrian disapa banyak kalangan mengakui perubahan hasil bisa saja terjadi, tapi peluangnya tipis.
“Bisa karena masa kampanye dua bulan, juga mementun elektoral masing Paslon,” ujar Toaik.

Bahkan Toaik menegaskan Hasil TP-JPS tidak harga mati, karena hitungan pasti pemenang Pilkada itu ada saat penetapan suara oleh KPU masing-masing kota dan kabupaten termasuk KPU Sumbar pada Desember 2024 nanti.

Dari beberapa daerah yang fokus dilakukan bongkar elektabilitas Paslon, untuk Pasaman sepertinya Mara Ondak mendapat elektoral positif di Pilkada.

“Mara Ondak berpeluang kalahkan Cabup incumbent di sana,” ujar Toaik.

Terus Limapuluh Kota ada persaingan ketat antara Cabup incumbent Syafaruddin dengan Wakilnya yang maju Cabup Rizki Kurniawan Nakasri.

“Faktor Ferizal Ridwan terkenal sebagai pekerja publik di sana jadi penguat elektoral Rizki,” ujar Almudazir.

Sementara di Payakumbuh makin ke hari pencoblosan semakin asik disimak. Supardi makin kinclong di tengah masyarakat Kota Gelamai ini.

“Supardi, Dt Permato dan Almaizar punya peluang, namun dari analisa TP-JPS, Supardi lebih dominan sebaran elektoral nya,” ujar Toaik.

Kalau Kota Bukittinggi, calon incumbent Erman Safar sulit menelingkung elektoralnya, apa lagi daya dobrak elektoral Dt Heldo sangat memperkuat Erman Safar menuju 2 periode,” ujar Toaik.

Di Pilkada Tanah Datar, Eka Putra bersaing ketat dengan Richi Aprian.

“Eka lebih unggul karena program kemasyarakatan satu periode menjabat cukup menjamin Eka Putra Bupati untuk 2 periode di Tanah Datar,” ujar Toaik.

Terus Pilkada lain termasuk Pilgub Sumbar menurut Toaik hasil TP-JPS segera dipublis.
“Sabar untuk Pilkada lain, datanya sedang kita ramu, kita buat berseri penetrasi TP-JPS ini,” ujar Toaik. (Ril/Nov)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *