Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBERITA UTAMADAERAHTERBARU

Minangkabau Nagari Kedua Gelar Musrenbang di Kecamatan Sungayang

22
×

Minangkabau Nagari Kedua Gelar Musrenbang di Kecamatan Sungayang

Sebarkan artikel ini
Musrenbang Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang. (Foto dok/d13)

TANAH DATAR, RELASI PUBLIK – Bertempat di Aula SMPN 3 Sungayang, Nagari Minangkabau menggelar Musrenbang RKP 2025 dan DURKP 2026 pada Senin (26/8).

Ketua panitia Musrenbang yang juga Sekretaris Nagari Minangkabau Rizky Winanda dalam laporannya menyampaikan landasan hukum dan Perundang-undangan yang mengatur tentang Musrenbang Nagari.

“Musrenbang Nagari merupakan kegiatan musyawarah yang dilaksanakan oleh pemerintah Nagari dan BPRN guna menetapkan prioritas pembangunan nagari yang terangkum dalam RKP 2025 dan DURKP 2026″ urai Rezky.

Wali Nagari Minangkabau Akbar, S.Hum. Dt. Majo Indo Nan Itam dalam sambutannya dan sekaligus membuka Musrenbang menyampaikan terima kasih atas kehadiran seluruh undangan.

” Musrenbang merupakan puncak dari serangkaian musyawarah yang dimulai dari Musyawarah Jorong, Musyawarah Nagari yang dilaksanakan beberapa waktu lalu” ujar Akbar.

Selanjutnya Wali Nagari menyampaikan realisasi pendapatan Nagari yang berasal dari: Alokasi Dana Desa sebesar Rp.76.359.000,- Dana Desa Rp.847.833.000,- Bagi Hasil Pajak Rp. 46.769.000,- serta Bunga Bank Rp. 5.000.000,-.
Tak hanya pembangunannya infrastruktur, nagari Minangkabau juga akan meningkatkan pembangunan Sumber Daya Alam.

Camat Sungayang Narti, S.STP dalam arahannya menyampaikan Minangkabau merupakan nagari kedua yang melaksanakan Musrenbang.

“Musrenbang adalah kegiatan yang merumuskan RKP 2024 dan akan menjadi dasar penyusunan APB Nagari. Tak hanya pembangunan dibidang fisik, tapi juga diharapkan pemberdayaan, sosial dan budaya” urai Narti.

Narti berharap RKP selesai diversifikasi paling lambat Oktober 2024, karena pengesahan APBN paling lambat pada bulan Desember.
Narti juga berharap agar masyarakat mengawal setiap usulan dan proses pembangunan yang telah diberikan, dengan tetap mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut beberapa Kepala OPD terkait, Forkopimca Sungayang, Kepala UPT, Tenaga pendamping, anggota DPRD Dapail 4 Tanah Datar,Lembaga unsur serta undangan lainnya. (d13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *