Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBERITA UTAMADAERAHTERBARU

Wakil Ketua DPRD Kota Solok Hadiri Upacara Hari Juang Polri Perdana di Mapolres Solok Kota

30
×

Wakil Ketua DPRD Kota Solok Hadiri Upacara Hari Juang Polri Perdana di Mapolres Solok Kota

Sebarkan artikel ini
Wakil Ketua sementara DPRD Kota Solok hadiri upacara hari Juang Polri. (dok foto/A2)

KOTA SOLOK, RELASI PUBLIK – Wakil Ketua sementara DPRD Kota Solok, Amrinof Dias Dt. Ula Gadang, SH, mengikuti upacara peringatan Hari Juang Polri yang digelar untuk pertama kalinya di Halaman Mapolres Solok Kota. Upacara tersebut dipimpin oleh Kapolres Solok Kota, AKBP Abdus Syukur Felani, S.I.K, pada Rabu (21/8/24).

Hari Juang Polri kali ini mengusung tema “Dengan Semangat Proklamasi Polisi 1945, Polri Siap Menyongsong Indonesia Emas 2045.”

Acara tersebut dihadiri oleh jajaran Polres Solok Kota, Asisten I Pemko Solok Drs. Nova Elfino, perwakilan Kodim 0309 Solok, perwakilan Kejaksaan Negeri, purnawirawan Polri, dan tamu undangan lainnya.

Penetapan 21 Agustus sebagai Hari Juang Polri merupakan bagian dari keputusan Kapolri nomor: KEP/95/I/2024 tertanggal 22 Januari 2024 tentang Hari Juang Kepolisian Republik Indonesia, serta keputusan Kapolri nomor: KEP/1325/VII/2024 tertanggal 12 Agustus 2024 mengenai tata upacara Hari Juang Polri.

Tanggal 21 Agustus dipilih sebagai Hari Juang Polri karena pada tanggal ini, pada tahun 1945, seluruh polisi di Indonesia bersatu di bawah nama Polisi Republik Indonesia, yang terlepas dari penjajahan Jepang.

Proklamasi Polisi Republik Indonesia dideklarasikan oleh Tokubetsu Keisatsutai, atau yang lebih dikenal sebagai Polisi Istimewa, di bawah kepemimpinan Inspektur Polisi Kelas I Moehammad Jasin.

Pasca Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, Menteri Negeri Otto Iskandar Dinata menetapkan agar status polisi dimasukkan ke dalam kekuasaan Pemerintah Indonesia.

Sebagai tindak lanjut, Moehammad Jasin, yang saat itu menjabat sebagai Komandan Polisi Istimewa Surabaya, mengadakan rapat bersama 250 anggota lainnya.

Dalam rapat tersebut, yang digelar di halaman Markas Istimewa di Surabaya, Moehammad Jasin membacakan Proklamasi Polisi yang menyatakan kesetiaan polisi kepada Negara Republik Indonesia. Proklamasi tersebut berbunyi:

Proklamasi Polisi

Untuk bersatu dengan rakyat dalam perjuangan mempertahankan Proklamasi 17 Agustus 1945, dengan ini menyatakan polisi sebagai Polisi Republik Indonesia.

Surabaya, 21 Agustus 1945

Atas nama seluruh warga polisi,

Moehamad Jasin, Inspektur Polisi Kelas I.

Dengan peringatan Hari Juang Polri ini, Polri diharapkan terus mengabdi dan setia kepada bangsa dan negara, sejalan dengan semangat Proklamasi Polisi 1945, menuju Indonesia Emas 2045. (A2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *