Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BERITA UTAMATERBARU

Bupati Serahkan 2000 bibit Kerapu kepada Nelayan Sungai Nipah

167
×

Bupati Serahkan 2000 bibit Kerapu kepada Nelayan Sungai Nipah

Sebarkan artikel ini

PAINAN, RELASIPUBLIK – Bupati Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, Hendrajoni, menyerahkan bantuan 2000 ekor bibit ikan kerapu kepada nelayan jala apung Sungai Nipah Nagari Painan Selatan Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (2/1).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Perikanan, Andi Syafinal, Walinagari Painan Selatan, Martodi dan pemuka masyarakat setempat.

Dalam kesempatan juga ditandatangani kerjasama penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada kelompok agen 46 Joni War, nelayan budidaya ikan kerapu di Kampung Sungai Nipah.

Bupati Pessel, Hendrajoni mengatakan, perairan Sungai Nipah sangat potensial dikembangkan untuk budidaya ikan kerapu. Akan tetapi, nelayan masih dihadapkan dengan kendala minimnya permodalan untuk usaha budidaya ikan kerapu tersebut.

Sebagaimana diketahui, ikan kerapu memiliki prospek ekonomi yang sangat bagus, karena tingginya permintaan konsumen baik dalam maupun luar negeri.

Bupati mengapresiasi langkah BNI yang menyalurkan KUR dengan bunga rendah yaitu hanya 6 persen per tahun, dan bantuan 2000 bibit ikan kerapu.

Dikatakan, penyaluran kredit oleh bank untuk menyokong perekonomian masyarakat, khususnya yang berprofesi sebagai nelayan sangat diharapkan.

Bupati berharap nelayan penerima KUR dan bibit ikan kerapu agar memanfaatkan bantuan itu dengan baik. Kemudian Dinas Perikanan diminta melakukan pembinaan secara optimal.

Sementara Pejabat Pengganti Sementara (PGS) Pimpinan BNI Wilayah Padang, Iwan Afandi mengatakan, pihaknya menyerahkan 2000 bibit ikan kerapu dan KUR kepada nelayan binaan di Kampung Sungai Nipah.

Diharapkan melalui bantuan tersebut dapat meningkatkan ekonomi nelayan di masa mendatang. KUR disalurkan dengan bunga kredit yang rendah yaitu 6 persen per tahun.

Ia juga mengatakan, BNI siap menyokong pembangunan ekonomi masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan, termasuk pengembangan investasi oleh pihak swasta.

Diharapkan menjadi kampung percontohan tingkat nasional. Ke depan diharapkan ada peningkatan bisnis bagi nelayan dalam usaha ekonomi, terutama budidaya ikan kerapu.

Sebagimana diketahui, jumlah nelayan yang ada di Sungai Nipah sebanyak 64 orang. Untuk KUR masing-masing nelayan yang layak sesuai persyaratan bank nantinya akan menerima KUR sebesar Rp 50 juta yang dimanfaatkan untuk pengembangan usaha budidaya ikan kerapu.****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *