Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BERITA UTAMADAERAHPARIWISATAPERISTIWATERBARU

KETUA DEKRANASDA PROMOSIKAN KAIN TENUN BALAI PANJANG

451
×

KETUA DEKRANASDA PROMOSIKAN KAIN TENUN BALAI PANJANG

Sebarkan artikel ini

PAYAKUMBUH, RELASIPUBLIK — Dekranasda Kota Payakumbuh tak pernah berhenti mempromosikan kain Tenun Balaipanjang. Targetnya, kain hasil pengrajin anak nagari Payakumbuh ini, lebih mendunia, mampu bersaing di fashion internasional.

Ketua Dekranasda Ny. Dr. Hj. Henny Riza Falepi Memamerkan secara langsung dan mempromosikan tenun balai panjang kepada TVRI sumbar yang terjun langsung di Rumah Tenun Balai Panjang, Senin(1/4)

Didampingi pengurus Dekranasda lainnya Ir. Faisal, Ny. Henny memperlihatkan sekaligus menerangkan berbagai tenunan yang telah di hasilkan dan di pajang di rumah Tenun Balai Panjang.

“Di Sumatera Barat, hasil tenunan yang digemari umumnya adalah warna-warna terang seperti merah, dan warna gold tetapi di luar Daerah Sumbar hasil tenun yg lebih digemari dan diminati adalah warna yang lembut dan menuju ke warna agak gelap,” ujar Henny

Tidak hanya sampai disitu, usaha Dekranasda mempromosikan tenun Balai Panjang sampai ikut iven London Fashion Week dan Jakarta Fashion Week. Alhasil banyak butik dan banyak juga pesanan dari para pengusaha di luar Daerah Sumbar yang memesan langsung hasil Tenun Balai Panjang karna memiliki corak dan hasil tenun yang sangat bagus

” semoga kedepannya kita juga dapat memperkenalkan dan mempromosikan Tenun Balai Panjang pada event-event bergengsi dan international lainnya agar Tenun Balai Panjang dapat dikenal hingga seluruh pelosok dunia,” tambah Henny.

Selain Rumah Tenun Balai Panjang, Ny. Henny mengemukakan, pihak Pemko Payakumbuh juga sudah membangun pondok promosi, dan galeri serta rumah produksi yang menampung semua hasil kerajinan IKM di Payakumbuh. Kedepannya menjadi catatan Dekranasda untuk bekerjasama dengan pemko, agar membuka outlet pada sejumlah kota besar di Tanah Air.

Ny. Henny berharap Mudah-mudahan, ke depan kita dapat  terus berusaha mempromosikan IKM lainnya, agar seluruh industri kerajinan dan industri makanan serta ekonomi kreatif lainnya di Payakumbuh lebih dikenal masyarakat luas.

Tidak lupa diakhir perbincangan dengan media TVRI sumbar Ny.Henny memberikan kenang-kenangan kepada TVRI sumbar karena telah berkunjung secara langsung ke rumah tenun balai panjang. (Armen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *