PEMKO SAWAHLUNTO TERIMA SERTIFIKAT UNESCO

SAWAHLUNTO, RELASIPUBLIK – Dengan  telah di tetapkannya Ombilin Cool Mining Heritage Of Sawahlunto sebagai Salah satu Warisan.dari Badang Dunia Unesco,..tentu beban berat akan di sandang oleh Pemerintah Kota Sawahlunto dalam menjaga dan memelihara Aset yang tidak hanya menjadi milik Sawahlunto tapi juga sudah menjadi milik Dunia tersebut.

     Hal itu disampaikan oleh  Walikota Sawahlunto Deri Asta pada Rabu 23/10 saat menggelar jumpa Pers dengan.para awak media di ruang rapat Balai Kota Sawahlunto.

      Dalam pertemuan yang juga dihadiri Wawako Zohirin Sayuti, Sekdako Rovanly Abdam, Kepala Dinas Kebudayaan, Permuseuman dan Peninggalan Bersejarah Kota Sawahlunto Halomoan serta Kabag humas , Komunikasi dan Persandian Dodi Febrizal.

        Pada kesempatan tersebut Deri Asta mengatakan bahwa Pemerintah Kota Sawahlunto akan mendapatkan Sertifikat dari Unesco yang akan di serahkan pada Selasa 29/10 mendatang  di Aula Kantor Gubernur Sumatera Barat di Padang.

      Lebih lanjut di sampaikan Deri Asta, penyerahan Sertifikat dari Unesco tersebut di berikan langsung oleh Pejabat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Republik Indonesia,…kalau prosesnya sendiri dari Badan Dunia Unesco diberikan ke Kementrian Luar Negeri RI ,selanjutnya ke Kementerian.Pendidikan.dan Kebudayaan RI, baru diserahkan kepada Pemerintah Kota Sawahlunto di Kantor Gubernur Sumbar, ujarnya.

      Ditambahkan Deri Asta, untuk Sertifikat yang asli akan di simpan di Kantor ANRI, dan kita hanya menerima photo copy sertikatnya saja bersama tujuh kabupaten dan Kota lain di Sumbar yang terkait dengan.Ombilin Cool Mining Heritage Of Sawahlunto ini, katanya lagi.

       Selanjutnya, tambah Deri Asta, selesai penyerahan Sertifikat tersebut akan dilaksanakan berbagai kegiatan yang akan di gelar oleh Dinas Kebudayaan , Permuseuman dan Peninggalan Bersejarah  Kota Sawahlunto yang akan  di pusatkan di Lapangan Segitiga Kota Sawahlunto, pungkasnya. ( Jun)