Abrasi Pantai Nagari Api – Api Mengancam Permukiman Warga

0

PAINAN, RELASIPUBLIK – Abrasi kembali melanda pantai nagari Api – Api,kecamtan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Senin ( 5/8 -19 ). Akibat bencana tersebut puluhan pohon Vinus pengaman pantai tumbang dan sepuluh perahu nelayan rusak tertimpa pohon dan hantaman gelombang abrasi.

Wali nagari Api-api, Aziyul Anafi saat meninjau lokasi kejadian mengatakan ” Abrasi ini sudah terjadi sejak Kamis (1/8 – red) dan hari ini (Senin, 5/8 red) yang lebih parah, ” katanya.

Menurutnya, Abrasi pantai yang melanda kawasan pantai Api-api tersebut sudah terjadi sejak Kamis kemaren dan yang terparah pada Senin. ” Pada hari Jum’at kemaren kami telah memasukan laporan ke Dinas PSDA , BPBD dan Bupati Pessel,” ujarnya.

Selain menumbangkan pohon Vinus pengaman Patai dan perahu nelayan, Abrasi juga mengancam permukiman warga masyarakat setempat. Tidak hanya permukuman warga, jalan Nasional pun terancam. Pasalnya, jarak bibir pantai dan jalan lintas Barat Sumatera itu berkisar seratus meter saja.

” Kalau abrasi kembali terjadi, rumah penduduk pasti akan terkena dampaknya. Kita berharap kepada Pemerintah daerah mapun pusat untuk memasang batu pengaman pantai,” harapnya.

Dikatakannya, laporan yang dikirim kepihak tekait itu hendaknya diproses secepatnya, ” kalau saat ini, baru korban harta yang terjadi, kalau terus menerus terjadi, tentunya akan memakan korban jiwa. Yang kita kwatirkan bencana itu datang pada malam hari, sebab bencana itu tidak bisa diprediksi kapan datangnya,” katanya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.