Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BERITA UTAMADAERAHNASIONALPERISTIWATERBARU

Kado Awal Tahun, Pessel Kembali Sabet Adipura

199
×

Kado Awal Tahun, Pessel Kembali Sabet Adipura

Sebarkan artikel ini

PAINAN, RELASIPUBLIK – Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), kembali menyabet Adipura untuk kedua kalinya, serta anugerah kepada kepala daerah dan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dengan orientasi sebagai Leadership Green tahun 2018 oleh Presiden RI.

Penyerahan penghargaan berlangsung di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, yang di hadiri oleh wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI beserta jajaran Gubernur, bupati/walikota dan pimpinan DPRD, Senin, (14/1/2019).

Kabupaten Pesisir Selatan, merupakan salah satu dari total 129 kabupaten/kota yang dianugerahkan penghargaan Adipura kategori Narwisita Tantra untuk kota kecil.

Bupati Pessel, Hendrajoni, bersama ketua DPRD Dedi Rahmanto Putra, Kadis Lingkungan Hidup Jumsu Trisno bersama Nelly Armidha, dan sejumlah pihak terkait langsung hadir untuk menerima penghargaan tersebut yang diberikan oleh Wakil presiden RI, Jusuf Kala bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

Bupati Hendrajoni, mengucapkan syukur atas anugerah yang diberikan kepada daerah yang berjulukan Negeri Sejuta Pesona tersebut. Menurut dia, upaya itu berkat kerja keras seluruh jajaran Dinas Lingkungan Hidup, khususnya petugas kebersihan dalam menata lingkungan, serta unsur legislatif yang telah banyak mendukung kegiatan daerah.

“Kami ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan dan seluruh jajaran dinas yang telah bekerja keras bersama-sama menjaga kebersihan serta keindahan lingkungan. Semoga pengelolaan kebersihan terus meningkat dengan dukungan inovasi yang berkembang, dengan harapan agar kedepannya Adipura dapat kita pertahankan,” ujar Bupati Hendrajoni.

Hal senada dikatakan ketua DPRD Pessel, Dedi Rahmanto Putra, yang saat itu dinobatkan sebagai Leadership Green 2018 karena dinilai sangat berorientasi terhadap lingkungan. Ia mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran dan peran serta mengajak semua lapisan masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan tetap bersih dan indah serta tidak membuang sampah sembarangan tempat.

“Alhamdulillah, 2018 anugerah Adipura kembali kita dapatkan, semoga kedepannya kita kembali mendapat penghargaan serupa,” ucapnya.

Dedi Rahmanto, berpesan agar seluruh pihak terkait dan lapisan masyarakat terus menjaga serta mempertahankan penghargaan yang telah di dapatkan tersebut.

“Pengahargaan ini tidak mudah di dapatkan, sebab banyak indikator yang harus dan mesti dilaksanakan, salah satunya tidak membuang sampah sembarangan dan peduli terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Jumsu Trisno bersama mantan Kadis DLH 2018 Nelly Armidha, menyebutkan, penghargaan Adipura ini diperoleh berkat kerja keras semua tim, baik itu dari pemerintah daerah yang didukung seluruh unsur DPRD dan masyarakat Pesisir Selatan yang telah bekerja keras dalam mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut.

“Selain penghargaan Adipura, kepala daerah dan pimpinan DPRD juga dinobatkan sebagai Leadership Green 2018, karena dinilai sangat peduli dengan lingkungan. Penghargaan tersebut hanya diberikan kepada 12 kabupaten/kota, termasuk Kabupaten Pesisir Selatan salah satunya,” ucapnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Pesisir Selatan, merupakan satu-satunya daerah di Sumatera Barat (Sumbar) yang mendapatkan juara pertama untuk kategori kota kecil.

Menurut rencana, Piala Adipura yang diraih saat itu, esoknya Selasa (15/1), akan diarak dari Bandara Internasional Minang Kabau (BIMK) menuju Kecamatan Tapan. Hal itu untuk memperkenalkan piala adipura kepada masyarakat sekaligus kampanye lingkungan sehat dan bersih. (Don/kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *