Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BERITA UTAMAOLAHRAGATERBARU

KUDA WAKO DERI ASTA JUARAI BANK NAGARI SAWAHLUNTO DERBY

571
×

KUDA WAKO DERI ASTA JUARAI BANK NAGARI SAWAHLUNTO DERBY

Sebarkan artikel ini

SAWAHLUNTO, RELASIPUBLIK – Kuda Pioner milik Walikota Sawahlunto  Deri Asta meraih  Peringkat Pertama pada  Kejuaraan Nasional Pacu Kuda Bank Nagari Sawahlunto Derby 2018 yang di gelar di Gelanggang Pacuan Kuda Kandih, Minggu (2/11).

Kuda dengan joki Ridwan ini mampu mengungguli 11 kuda lainnya pada kelas utama race ke-12, jarak 1500 meter dengan membukukan waktu tercepat 1,41,59 detik.

Sementara itu untuk urutan kedua dipegang oleh Kuda Cahaya Dupont milik H. Syafrial (Budi Mulia Stable) dari Payakumbuh dengan joki Arifin yang mencatat waktu 1,42,88 detik. sedangkan di posisi ketiga ditempati Kuda Ababil Lancang Kuning milik H. Marjoni Hendri asal Kepulauan Riau yang ditunggangi  joki Soleran, dengan waktu tercepat 1,43,10 detik.

Sementara ltu , di hari yang sama, Kuda Phoca Hontas milik Wakil Walikota Sawahlunto H. Zohirin Sayuti dengan joki Ridwan memperoleh juara pertama pula pada kelas 3 Tahun AB jarak 1400 meter, memperebutkan piala H. Jaswandi.

Tak hanya itu, kuda Flo Indigo milik Kapolres Kota Sawahlunto turut memenangi peringkat kedua Piala GM. PT. BA. UPO kelas AB Terbuka dengan jarak 1200 M.

Seperti diketahui, bahwa Sawahlunto Derby 2018 merupakan agenda Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI) dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Sawahlunto ke-130 yang digelar Pemerintah kota bekerjasama dengan Pengurus  PORDASI Sumatera Barat dan Pengurus PORDASI cabang Kota Sawahlunto.

Kegiatan Sawahlunto Derby 2018 ini sendiri di sponsori oleh PT. Bank Nagari Sumatera Barat serta didukung sponsor lain seperti PTBA UPO, PT. DASRAT, PT. BMK, PT. PLTU sijantang, Ketua DPC Perindo Kota Sawahlunto, H. Jaswandi dari PSPN Sijantang, Ketua PDIP Kota Sawahlunto, H. Idris dari PT. AIC JAYA serta Mantan Bupati Tanah Datar, H. Sadiq Pasadiqu.

Dalam ivent Sawahlunto Derby 2018  ini sebanyak 12 kelas ikut  dipertandingkan dengan  memperebutkan Piala Kejaksaan Negeri Kota Sawahlunto kelas Perdana 2 Tahun CD dengan jarak 600 M, Piala Kapolres kelas Perdana 2 Tahun AB dengan jarak 800 M,

Piala Ketua DPRD kelas Pemula 2 Tahun CD dengan jarak 800 M, Piala Wakil Walikota kelas E dengan jarak 1000 M, Piala GM. PT. BA UPO kelas AB Terbuka dengan jarak 1200 M dan  Piala GM. Unit PLTU Sijantang kelas CD Terbuka, dengan jarak.1200 M,  Piala Dirut Bank Nagari Sumatera Barat kelas 3 Tahun Remaja dengan  jarak 1300 M, Piala H. Jaswandi,SE kelas 3 Tahun AB dengan jarak 1400 M, Piala H. Jhon Reflita kelas Derbu Eliminasi dengan arak 1500 M, Piala H. Taufik Syahrial kelas AB Terbuka dengan jarak 1800 M, Piala H. Dasrial Eri, SE, MM kelas Derby 4 Tahun dengan jarak 2000 M serta kelas bergengsi Piala Walikota Sawahlunto dengan  jarak 1500 M.

 Sebelumnya, Ketua pengurus PORDASI Kota Sawahlunto Irsal Adam melaporkan,  iven Sawahlunto Derby 2018 ini selain diikuti oleh kuda-kuda terbaik tingkat Sumatera Barat, namun  juga diikuti oleh peserta  dari Propinsi lain seperti dari Kepri, Tapanuli Utara, Jambi, Riau dan Aceh. ujarnya.

 Dikesempatan tersebut, Irsal Adam yang akrab dipanggil “Saha,” ini mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya iven tahunan ini. pungkasnya.

Walikota Sawahlunto Deri Asta dalam  sambutannya ketika membuka secara resmi iven Sawahlunto Derby 2018 ini, mengatakan bahwa iven seperti ini bertujuan untuk mencari bibit- bibit atlit pacu kuda yang berbakat tidak hanya untuk tingkat daerah namun juga bisa berkompetisi untuk tingkat Nadional, ujarnya.

Di kesempatan tersebut Walikota Deri Asta juga menyatakan kesediannya, apabila Kota Sawahlunto ditunjuk  untuk  menjadi tuan rumah pada Kejuaraan Nasional ke dua Pacu Kuda pada bulan Oktober 2019 mendatang, pungkasnya (Jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *