Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBERITA UTAMADAERAHTERBARU

Ketua Sementara DPRD Sumbar Ajak Masyarakat Berpartisipasi Aktif Sukseskan Pilkada

5
×

Ketua Sementara DPRD Sumbar Ajak Masyarakat Berpartisipasi Aktif Sukseskan Pilkada

Sebarkan artikel ini
Rapat Pleno Terbuka KPU Sumbar dengan agenda Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumbar pada Pemilihan Serentak Nasional tahun 2024, Senin (23/9). (Dok Nv)

PADANG, RELASI PUBLIK – Rangkaian Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah didepan pintu, diharapkan masyarakat terus berpartisipasi aktif untuk menyukseskan Pilkada demi lahirnya pemimpin yang mampu mewujudkan pembangunan daerah.

Hal tersebut diungkapkan Ketua sementara DPRD Sumbar Irsyad Syafar usai menghadiri Rapat Pleno Terbuka KPU Sumbar dengan agenda Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumbar pada Pemilihan Serentak Nasional tahun 2024, Senin (23/9).

” Masa kompanye akan berlangsung, silahkan masyarakat mengenal lebih dalam calon kepala daerah melalui visi dan misi yang di usung. Jika dirasa sesuai maka salurkan hak pilih pada 27 November mendatang,” katanya.

Dia mengajak masyarakat untuk menggunakan hak demokrasi yang telah diberikan negara untuk memilih pemimpin daerah, ikuti hati nurani untuk kesejahteraan bersama, serta jauhilah praktik politik uang yang bisa saja terjadi jelang Pilkada berlangsung.

“Tidak hanya itu, segala bentuk transaksional lainya harus dihindari, sehingga lahir lah pemimpin yang benar-benar pilihan masyarakat di 19 Kabupaten/Kota di Sumbar,” katanya.

Dia menyebut, proses pemilihan kepala daerah akan bergulir nomor urut para pasangan calon pun telah ditetapkan secara nasional, diharapkan Pilkada serentak 2024 berjalan dengan lancar dan damai tanpa adanya gesekan sosial di tengah masyarakat.

Pilkada Serentak di Sumatera Barat akan berlangsung untuk Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) dan Pilkada bupati/ wali kota di 19 kabupaten/ kota. Hari pemilihan akan berlangsung pada Rabu 27 November 2024 serentak dengan Pilkada di seluruh daerah di Indonesia.

Pemungutan suara akan berlangsung di 10.846 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan 4.103.084 pemilih yang terdaftar di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Total ada 56 pasangan calon yang akan berkompetisi di Pilkada Serentak 2024 yaitu dua pasangan calon gubernur-wakil gubernur dan 54 pasangan calon bupati-wakil bupati dan calon wali kota-wakil wali kota

Dalam rapat pleno yang berlangsung terbuka untuk pengundian nomor urut dipimpin Ketua KPU Sumatera Barat Surya Efitrimen tersebut, pasangan calon gubernur-wakil gubernur Mahyeldi-Vasko Ruseimy mendapatkan nomor urut 1. Pasangan tersebut diusung oleh Koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerindra, Partai Demokrat, PBB dan Partai Perindo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *