Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBERITA UTAMADAERAHOLAHRAGATERBARU

Pembukaan Porsadin Ke- 6 : Gubernur Sumbar Apresiasi Peran Santri Dalam Olahraga Dan Seni Islami

13
×

Pembukaan Porsadin Ke- 6 : Gubernur Sumbar Apresiasi Peran Santri Dalam Olahraga Dan Seni Islami

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar saat meresmikan Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) ke-6 Tingkat Provinsi Sumbar di Panggung Utama Pelataran Parkir Pantai Carocok Painan. (Dok Nov)

SUMBAR, RELASI PUBLIK – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah meresmikan Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) ke-6 Tingkat Provinsi Sumbar di Panggung Utama Pelataran Parkir Pantai Carocok Painan, Pesisir Selatan, pada Sabtu (14/9/2024). Gubernur menekankan pentingnya Porsadin sebagai ajang aktualisasi diri bagi santri dalam bidang olahraga dan seni Islami.

“Atas nama Pemprov Sumbar, kami sangat menyambut baik digelarnya kembali Porsadin tahun ini. Kegiatan ini merupakan wadah penting untuk menyalurkan potensi generasi muda kita, para santri,” ujar Mahyeldi.

Gubernur juga memberikan apresiasi terhadap sinergi antara Dewan Pimpinan Wilayah Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (DPW FKDT) Pusat, FKDT Provinsi Sumbar, Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, serta Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) yang mendukung acara ini.

“Melalui kegiatan ini, saya berharap nilai-nilai Islami yang terkandung dalam setiap cabang olahraga dan seni dapat tercermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari. Terutama dalam bidang seni, semoga menjadi sarana ekspresi diri serta mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui karya yang bernilai spiritual tinggi,” tambahnya.

Mahyeldi juga menanggapi permintaan alokasi anggaran tambahan untuk program-program serupa di masa depan, menyatakan komitmen Pemprov Sumbar untuk mendukung penuh pengembangan generasi muda.

“Ke depan, kami akan merancang program ini lebih matang, dengan perhatian besar terhadap anak-anak muda. Kami siap memberikan dukungan untuk memastikan program-program ini berjalan lancar dan berkesinambungan,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Mahyeldi berpesan kepada peserta Porsadin untuk berkompetisi dengan baik, menjunjung tinggi sportivitas dan persaudaraan, serta memfokuskan diri pada proses belajar dan pengembangan diri, bukan hanya mengejar kemenangan.

“Semoga ajang ini menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas diri, baik dalam prestasi maupun akhlak. Selamat bertanding dan berkompetisi kepada semua peserta,” tutupnya.

Ketua Panitia Pelaksana, Zulfira Zaisal, melaporkan bahwa Porsadin ke-6 tingkat Sumbar berlangsung dari 13 hingga 15 September 2024 di Kabupaten Pesisir Selatan. Kegiatan ini terlaksana berkat sinergi antara DPW FKDT, Panitia Pelaksana Pesisir Selatan, dan dukungan Kanwil Kemenag Sumbar.

“Perlombaan pada Porsadin ke-6 diikuti oleh 719 peserta dan ofisial dari 19 kabupaten/kota di Sumbar,” kata Zulfira.

Perlombaan meliputi 8 cabang seni keagamaan, yaitu lomba Tahfiz Juz Amma, pidato bahasa Arab, MTQ, pidato Bahasa Indonesia, cerdas cermat Diniyah, puisi Islami, murottal wal imla, dan kaligrafi.

“Semoga Porsadin menjadi wadah bagi kemampuan, bakat, dan kreativitas generasi muda, khususnya santri madrasah Diniyah Takmiliyah di Sumbar. Terima kasih atas dukungan Bapak Gubernur, termasuk bantuan pribadi senilai Rp25 juta untuk kegiatan ini,” tutupnya. (Adpsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *