Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BERITA UTAMADAERAHPENDIDIKANTERBARU

Gubernur Sumbar Resmikan Masjid Al-Ikhlas di SMK Negeri 1 Sumbar: Dukungan untuk Pendidikan dan Iman

10
×

Gubernur Sumbar Resmikan Masjid Al-Ikhlas di SMK Negeri 1 Sumbar: Dukungan untuk Pendidikan dan Iman

Sebarkan artikel ini
Foto : Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, saat meresmikan penggunaan Masjid Al-Ikhlas SMK Negeri 1 Sumatera Barat. (Dok. adpb)

SUMBAR, RELASI PUBLIK – Keberadaan masjid atau musala di lingkungan sekolah dianggap sangat strategis sebagai tempat untuk menyempurnakan proses pendidikan bagi pelajar. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, saat meresmikan penggunaan Masjid Al-Ikhlas di SMK Negeri 1 Sumatera Barat pada Jumat (13/09/2024).

“Fungsi masjid di sekolah ini tentu sebagai pusat penyempurna proses pendidikan bagi pelajar di SMKN 1 Sumbar, terutama dalam pembelajaran keimanan dan ketaqwaan (imtaq) sebagai penyeimbang dari ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang mereka pelajari,” kata Mahyeldi.

Oleh karena itu, Mahyeldi berharap agar keberadaan masjid di SMKN 1 Sumbar dapat dimaksimalkan fungsinya. Selain sebagai tempat beribadah, masjid ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan bagi pelajar di sekolah kejuruan tersebut.

“Berbagai kegiatan dapat dipusatkan di masjid ini. Artinya, fungsi masjid ini harus dioptimalkan,” ujar Mahyeldi yang juga bertindak sebagai Khatib Jumat perdana di Masjid Al-Ikhlas SMKN 1 Sumbar.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Mahyeldi juga mengungkapkan terima kasih dan apresiasinya kepada BRI, AirNav Indonesia, serta semua pihak yang terlibat dalam pembangunan masjid tersebut. Untuk diketahui, Masjid Al-Ikhlas merupakan hasil renovasi penuh dari musala yang sebelumnya sudah ada.

Sementara itu, dalam laporannya, Kepala SMKN 1 Sumbar, Zulkifli, menyebutkan bahwa banyak BUMN yang telah membantu pengembangan fasilitas pendidikan di sekolah tersebut. Renovasi masjid secara penuh merupakan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari PT BRI, sementara perlengkapannya merupakan bantuan TJSL dari AirNav Indonesia.

“Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian seluruh pihak yang telah membantu pembangunan masjid ini, sehingga dapat menjadi pusat ibadah bagi 1.456 pelajar yang saat ini menempuh pendidikan di SMKN 1 Sumbar,” ucap Zulkifli.

Turut hadir dalam peresmian masjid tersebut, Manajer TJSL AirNav Indonesia Farchan Jamil dan Vice President BRI Region Office Padang Gusneldi. Sementara itu, Gubernur Mahyeldi didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Barlius dan Kepala Biro Umum Setdaprov Sumbar Edi Dharma. (adpsb/isq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *