Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBERITA UTAMADAERAHTERBARU

Temu Ramah Niniak Mamak Dan Bundo Kanduang Nagari Batu Banyak

1410
×

Temu Ramah Niniak Mamak Dan Bundo Kanduang Nagari Batu Banyak

Sebarkan artikel ini
Ketua TP-PKK Kabupaten Solok sekaligus Pembina Bundo Kanduang Hj. Emiko Epyardi Asda, Kegiatan Temu Ramah dengan Niniak Mamak dan Bundo Kanduang Nagari Batu Banyak. (Dok A2)

KAB. SOLOK, RELASI PUBLIK – Kegiatan Temu Ramah dengan Niniak Mamak dan Bundo Kanduang Nagari Batu Banyak berlangsung meriah dan penuh keakraban. Acara yang digelar di Nagari Batu Banyak, Kecamatan Lembang Jaya, Jumat (13/9/24).

Turut hadir Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Safrudin, S.Sos, M.Si, yang mewakili Bupati Solok, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok sekaligus Pembina Bundo Kanduang Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, Pimpinan DPRD Kabupaten Solok Ivoni Munir, S.Farm, Apt, Tokoh masyarakat sekaligus Anggota DPRD Provinsi Lastuti Darni, S.Pd, para kepala OPD, Camat dan Forkompimcam Lembang Jaya serta Wali Nagari Batu Banyak Viva Martha, A.Md. Kehadiran, Niniak Mamak, Cadiak Pandai dan Bundo Kanduang dari Nagari Batu Banyak juga menambah khidmat acara ini.

Dalam sambutannya, Safrudin menyampaikan permohonan maaf dari Bupati Solok yang berhalangan hadir karena agenda lain yang tak bisa diwakilkan.

Safrudin menekankan pentingnya peran niniak mamak dan bundo kanduang dalam pembangunan karakter anak-anak, yang harus diimbangi dengan pembangunan mental di samping pembangunan fisik.

“Acara ini menjadi langkah penting dalam memperkuat adat dan budaya kita,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang berkenan hadir dan berpartisipasi.

Dalam sambutannya, Emiko menekankan pentingnya peran Bundo Kanduang sebagai ibu sejati dalam menjaga adat dan budaya Minangkabau, serta dalam menghadapi tantangan modernisasi.

“Bundo Kanduang harus memperkuat perannya sesuai dengan prinsip ‘Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah,” ungkapnya.

Wali Nagari Batu Banyak, Viva Martha, A.Md, juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada Bupati Solok beserta rombongan yang hadir, serta berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya di Nagari Batu Banyak.

Acara ini juga diramaikan dengan penyerahan berbagai bantuan sosial. Bantuan tersebut meliputi, selimut untuk lansia, bantuan nutrisi untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu dan buku PKH dari Dinas Sosial kepada penerima manfaat.

Selain itu, ada pula penyerahan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada anak-anak serta bibit pertanian berupa padi, alpukat, dan manggis kepada kelompok tani Nagari Batu Banyak sebagai bagian dari program Dinas Pertanian.

Dengan adanya acara ini, diharapkan peran Niniak Mamak dan Bundo Kanduang dalam menjaga adat dan budaya, serta membentuk generasi yang berkarakter, dapat semakin kuat dan terus dipertahankan di tengah perubahan zaman. (A2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *