Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BERITA UTAMADAERAHTERBARU

Gubernur Sumbar Berikan Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah 2024, Apresiasi Pengelolaan Masjid Berkualitas

441
×

Gubernur Sumbar Berikan Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah 2024, Apresiasi Pengelolaan Masjid Berkualitas

Sebarkan artikel ini
Foto : Sepuluh masjid terbaik memperoleh Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah (Ampera) Award tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2024 dari Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah Datuak Marajo,(Dok. adpsb)

SUMBAR, RELASI PUBLIK—Sebanyak sepuluh masjid terbaik di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menerima Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah (Ampera) Award 2024. Acara penganugerahan ini dilaksanakan di Auditorium Istana Gubernuran pada Rabu malam, (28/08/2024), dan dihadiri oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah Datuak Marajo.

Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi menekankan pentingnya masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat kegiatan yang mendukung pendidikan, ekonomi, kebudayaan, dan kepemudaan. “Masjid harus menjadi ruang yang nyaman bagi semua umat. Kehadirannya perlu mengakomodasi berbagai aktivitas yang dapat mendukung pengembangan masyarakat,” jelas Mahyeldi.

Mahyeldi berharap Ampera Award dapat memotivasi pengelola masjid di Sumbar untuk terus meningkatkan kualitas dan kenyamanan masjid. Dia menambahkan bahwa meski jumlah masjid di Sumbar sangat banyak, masih ada tantangan dalam menghidupkan berbagai kegiatan di dalamnya. “Kenyamanan dan fasilitas yang memadai harus terus diperhatikan untuk memastikan masjid dapat memenuhi perannya secara optimal,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Mahyudin, mengungkapkan bahwa Kementerian Agama (Kemenag) memiliki regulasi untuk memastikan masjid tidak hanya digunakan untuk ibadah, tetapi juga untuk pembinaan sosial dan ekonomi umat. “Malam ini kami memberikan anugerah kepada masjid-masjid terbaik berdasarkan sepuluh kategori dari total 18.677 masjid di Sumbar,” ungkap Mahyudin.

Beberapa masjid yang mendapatkan penghargaan antara lain:
– Masjid Agung Al Muhsinin Kota Solok untuk kategori Masjid Agung
– Masjid Nurul Huda Tanjung Alam Kabupaten Agam untuk kategori Masjid Besar
– Masjid Baitul Hajar Padang Pariaman untuk kategori Masjid Jami’
– Masjid Asasi Padang Panjang untuk kategori Masjid Bersejarah
– Masjid Al Hakim Kota Padang untuk kategori Masjid Publik
– Masjid Jami’ Ijtihad Sikalang Sawahlunto untuk kategori Masjid Ramah Anak dan Perempuan
– Masjid Al Ikhwan Aia Angek Kabupaten Solok untuk kategori Masjid Ramah Difabel
– Masjid Darul Amal Sungai Janiah Kabupaten Agam untuk kategori Masjid Ramah Lingkungan
– Masjid Akbar Kabupaten Tanah Datar untuk kategori Masjid Keragaman
– Masjid Nurul Huda Kota Padang Panjang untuk kategori Masjid Ramah Musafir

Malam penganugerahan ini dihadiri oleh berbagai pejabat, termasuk Pj Wali Kota Padang Panjang, Sonny BP; Wawako Solok Ramadani Kirana Putra; serta sejumlah pejabat dari Kabupaten/Kota penerima award, kepala kantor Kemenag, pengurus Baznas, DMI, MUI, serta ormas Islam dan pengurus Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi. (adpsb/isq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *