Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBERITA UTAMADAERAHTERBARU

Niniak Mamak Nagari Salimpek Gelar Studi Komparatif ke LAM Riau

29
×

Niniak Mamak Nagari Salimpek Gelar Studi Komparatif ke LAM Riau

Sebarkan artikel ini
Dinas pariwisata Dan kebudayaan Kab. Solok serta Niniak Mamak nagari salimpek melakukan Studi Komperatif ke Kota Pekanbaru.(Foto dok/A2)

KAB. SOLOK, RELASI PUBLIK – Rombongan Niniak Mamak Nagari Salimpek, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, melakukan kunjungan silaturahmi dan studi komparatif ke Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau pada Sabtu (24/8/24).

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Ketua LAM Riau, Datuk Sri Raja Marjohan Yusuf, beserta jajaran pengurus.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 35 orang yang terdiri dari unsur niniak mamak, alim ulama, dan cadiak pandai dari Nagari Salimpek. Turut mendampingi rombongan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok, Armen, AP, MM beserta staf.

Dalam kesempatan tersebut, Asrul Syukur, salah satu tokoh cadiak pandai dari Nagari Salimpek, menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk bersilaturahmi, tetapi juga untuk mempelajari dan membandingkan sistem penerapan adat yang berbeda di berbagai daerah

“Kami ingin memahami bagaimana adat tetap eksis, terutama di daerah seperti Riau yang dikenal dengan kemajemukannya, namun masih mampu mempertahankan budaya adatnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok, Armen, AP, MM, menambahkan bahwa pertemuan dengan LAM Riau ini merupakan bagian dari rangkaian studi komparatif yang dilakukan oleh Niniak Mamak Nagari Salimpek.

“Agenda ini nantinya juga akan dilanjutkan dengan beberapa kegiatan lainnya, termasuk temu ramah dengan perantau Nagari Salimpek yang berada di Kota Pekanbaru,” jelasnya.

Armen berharap, melalui kegiatan ini, dapat terjalin silaturahmi yang erat serta pertukaran pengalaman dalam penerapan adat sehingga nilai-nilai adat tidak hilang ditelan zaman. (A2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *