Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BERITA UTAMADAERAHNASIONALPENDIDIKANTERBARU

Sumbar Kirim 40 Pelajar ke OSN, Gubernur Mahyeldi Optimis Raih Medali dan Prestasi Internasional

166
×

Sumbar Kirim 40 Pelajar ke OSN, Gubernur Mahyeldi Optimis Raih Medali dan Prestasi Internasional

Sebarkan artikel ini
Foto : Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah di dampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan sumbar. Barlius dan Kabid SMA saat kunjungi salah satu SMA di Kota Padang . (Dok adpsb)

PADANG, RELASI PUBLIK – Sebanyak empat puluh pelajar SMA/MA dari Sumatera Barat (Sumbar) akan mewakili provinsi mereka di Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang akan berlangsung di Jakarta. Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, menunjukkan keyakinannya bahwa para perwakilan Sumbar akan tidak hanya meraih banyak medali tetapi juga berpotensi terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang olimpiade internasional.

“Alhamdulillah, tahun ini kita mengirimkan 40 siswa ke OSN Tingkat Nasional, menjadikannya sebagai peserta terbanyak ketujuh di antara 38 provinsi dan satu tim luar negeri yang lolos seleksi. Ini merupakan pencapaian yang sangat membanggakan,” kata Mahyeldi di Padang, Selasa (20/8/2024).

Gubernur Mahyeldi menambahkan bahwa dengan jumlah peserta yang signifikan ini, peluang Sumbar untuk meraih medali semakin besar. Dia juga optimis beberapa siswa dari Sumbar akan terpilih untuk mewakili Indonesia dalam olimpiade internasional.

“Para peserta kita adalah pilihan dari lembaga resmi. Insya Allah, mereka akan berprestasi tidak hanya dalam meraih medali, tetapi juga dalam seleksi untuk olimpiade internasional,” ujar Mahyeldi.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Barlius, mengungkapkan bahwa OSN 2024 dijadwalkan berlangsung dari 26 Agustus hingga 1 September di Jakarta. Barlius menjelaskan bahwa seleksi peserta sepenuhnya merupakan wewenang Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) dan Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek, dengan pemerintah daerah hanya terlibat dalam proses pembinaan.

“Daerah tidak bisa langsung mengutus peserta. Calon peserta harus lulus tes dengan passing grade yang ditetapkan oleh lembaga yang berwenang,” jelas Barlius.

Untuk mempersiapkan peserta, Barlius menambahkan bahwa pihaknya telah melaksanakan pembinaan berjenjang mulai dari tingkat sekolah hingga provinsi. Baru-baru ini, mereka juga mengundang pelatih OSN Nasional, termasuk mantan juara olimpiade nasional dan internasional.

“Kita serius dalam persiapan OSN 2024, dan untuk memperkuat kemampuan peserta, kami mendatangkan pelatih nasional yang berpengalaman,” terang Barlius.

Bidang akademik yang akan dilombakan dalam OSN mencakup Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Kebumian, Astronomi, Informatika, Geografi, dan Ekonomi. (adpsb/busan)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *