Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBERITA UTAMANASIONALTERBARU

Kenalkan Kuliah RPL, Tim Universitas Ekasakti Kunjungi DPRD Provinsi Sumbar

36
×

Kenalkan Kuliah RPL, Tim Universitas Ekasakti Kunjungi DPRD Provinsi Sumbar

Sebarkan artikel ini

PADANG, RELASI PUBLIK – Jajaran pejabat kampus Unes, dosen dan staf mengunjungi DPRD Sumbar dalam rangka memperkenalkan sistem kuliah baru RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) pada Senin (15/1) di Ruang Khusus I DPRD Sumbar.

Hadir dalam kunjungan itu Rektor Unes, Prof. Sufyarma Marsidin beserta dosen dan mahasiswa, serta disambut oleh Kasubag Humas DPRD Provinsi Sumbar, Dahrul Idris.

Rektor Unes menjelaskan bahwa program studi yang tercakup dalam kuliah RPL hanya yang berakreditasi B. Jika ada calon mahasiswa mengambil program studi S2 yang berbeda dengan S1-nya, kata Sufyarma, bisa dilakukan kuliah matrikulasi terlebih dahulu.

Pembukaan RPL ini menyasar pada program pendidikan S2 (Magister) yang perkuliahannya dilakukan langsung di kampus Universitas Ekasakti. Ada beberapa program studi yang dilakukan kuliah RPL seperti Teknik Elektro, Teknik Mesin, Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Hukum.

“Jadi kuliah S2 yang biasa ditempuh dua tahun, bisa disingkat menjadi satu tahun saja dengan kuliah RPL,” paparnya.

Untuk tahapannya ia menyampaikan cukup membawa RPL, maka akan di seleksi oleh pembimbing untuk nantinya akan diadakan kompre jika lulus. Sedangkan, matrikulasi diadakan pada awal-awal perkuliahan.

Kasubag Humas DPRD Provinsi Sumbar, Dahrul Idris mengatakan bahwa kuliah RPL ini kesempatan emas bagi seluruh staf DPRD Provinsi Sumbar. Ia menegaskan tak boleh mengabaikan peluang untuk berkuliah di Unes.

“Sebuah terobosan baru untuk peningkatan SDM oleh pak Sekwan, ini peluang bagi kita semua, jangan sampai lewatkan kesempatan ini, langsung saja eksekusi, kalau enggak sekarang, kapan lagi,” ujarnya.

Rektor Unes juga menyinggung tentang tahapan pendaftaran antara lain pertama siapkan dokumen, isi form 1 dan form 2 yang sudah disediakan di web https://unespadang.ac.id/, sedangkan pendaftaran langsung bisa ke Kaprodi masing-masing sesuai jurusan yang diminati calon mahasiswa.

Dalam kunjungan itu, salah satu staf DPRD Provinsi Sumbar menanyakan tentang persyaratan yang cukup rumit. Namun, dijawab oleh salah satu Kaprodi Teknik Unes yang mengatakan bahwa dokumen-dokumen yang dikirim oleh calon mahasiswa, akan dilakukan assesment lewat dokumen portofolio itu dan seleksi wawancara.

“Salah satu contoh isi dokumen itu ada portofolionya, foto dan kemudian deskripsinya. Maka kami bisa menerimanya karena menjadi bukti bagi kami untuk bisa melihat “value” dari calon mahasiswa sarjana maupun magister, ” ungkapnya.

Informasi pendaftaran kuliah RPL bisa diakses lewat web https://unespadang.ac.id/ atau bisa antar ke kaprodi masing-masing alamat di Jalan Veteran Dalam No.26B Padang. (Rn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *