Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BERITA UTAMADAERAHPOLITIKTERBARU

Tanamkan Nilai Kebangsaan Darizal Basir Gelar Sosialisasi IV Pilar di Kecamatan Sutera dan Lengayang

59
×

Tanamkan Nilai Kebangsaan Darizal Basir Gelar Sosialisasi IV Pilar di Kecamatan Sutera dan Lengayang

Sebarkan artikel ini
Anggota Komisi I DPR RI, dari Fraksi Partai Demokrat, Darizal Basir, saat menyampaikan Sosialisasi IV Pilar, Sabtu (22/7) di Gedung KPRI Surantih, Kecamatan Sutera. (Foto dok/YS)

PESSEL — Untuk meningkatkan pemahaman serta pengetahuan masyarakat terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (DPR RI) dari Fraksi Partai Demokrat, Darizal Basir, selenggarakan Sosialisasikan IV Pilar MPR RI Sabtu (22/7) di Kampung Sungai Sirah, Nagari Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Kegiatan yang juga didampingi oleh Ny Hilda Putri Ayu Darizal, dan Tenaga Ahli (TA) Suherman beserta rombongan itu, dilanjutkan ke Nagari Kambang Timur Kecamatan Lengayang, dengan juga dihadiri oleh para tokoh masyarakat, ninik mamak, dan unsur pemerintahan di nagari tersebut.

Di Hadapan ratusan peserta yang hadir di gedung pertemuan KPRI Kecamatan Sutera tersebut, Darizal Basir menjelaskan bahwa IV Pilar MPR RI yang terdiri dari, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika itu merupakan pilar negara yang wajib diketahui oleh masyarakat selaku anak bangsa.

“Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 merupakan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia, Sejak tahun 1999 – 2002 Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) telah mengadakan perubahan atau amandemen sebanyak empat kali,” katanya.

Di dalam amandemen UUD 1945 tersebut, sudah banyak pasal-pasal yang diubah karena tidak relevan lagi dengan kemajuan zaman. Namun dalam perubahan tersebut yang tidak diubah adalah pembukaannya.

“Empat pilar MPR RI tersebut harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, supaya tercipta kondisi yang kondusif. Sehingga terjalin persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Apalagi dengan situasi saat ini katanya, dimana berbagai informasi dengan mudah bisa diakses dan diterima oleh masyarakat. Maka Keempat pilar MPR RI tersebut bisa dijadikan sebagai penyaring informasi yang berpotensi menggerus nilai-nilai berbangsa dan bernegara.

Untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan menjauhkan konflik serta gesekan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa mari kita kembali mengamalkan IV Pilar Berbangsa dan bernegara yaitu UUD 1945, Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Sekarang sudah memasuki tahun politik, dan tidak lama lagi akan dilaksanakan pemilihan umum anggota legislatif, presiden dan wakil presiden, Kami partai Demokrat sudah tergabung dalam Koalisi Perubahan, bersama PKS dan Nasdem, sepakat mengusung Calon Presiden yaitu Anies Baswedan, ” katanya.

Dari itu melalui pertemuan tersebut Darizal Basir, meminta kepada semua lapisan masyarakat Indonesia, khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan untuk dapat menjaga situasi yang aman dan kondusif, jelang pemilu mendatang.

Dalam kesempatan itu Darizal Basir juga menguji para peserta sosialisasi untuk tampil ke depan membacakan butir-butir Pancasila. Dari dua peserta yang tampil, ternyata satu orang diantaranya berasal dari kalangan ibu-ibu masih lancar untuk membacanya.

“Ini menandakan bahwa rasa kecintaan terhadap bangsa dan negara masih kokoh dalam jiwa dan sanubari kita, dan harus tetap dijaga dan pupuk agar tidak luntur,” pesannya. (YS)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *