Sebanyak 268 Mahasiswa Stikes Perintis Padang PMPKL di Pessel

RELASIPUBLIK.com Painan – Sebanyak 268 Mahasiswa Stikes Perintis Padang laksanakan Pengabdian Masayarakat dan Praktek Kerja Lapangan (PMPKL) terpadu di 11 Nagari di Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan. Ratusan mahasiswa itu disambut resmi oleh Pemerintahan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan di Halaman Kantor Bupati setempat, Senin, (17/4).

Ketua Pelakasana Kegiatan Fitra Wahyuni, Msi mengatakan selama lima minggu kedepan para mahasiswa itu akan membaur ditengah masyarakat dengan tujuan umum dan khusus.

Dia menyebutkan, secara umum mahasiswa akan mendapatkan kompetensi dalam menerapkan asuhan keperawatan komunitas, asuhan kebidanan dan gizi komunitas serta analisis epidemiologi guna menunjang program pemerintah dibidang kesehatan yang mencakup pembinaan dan pelayanan kesehatan masayarakat serta untuk meningkatkan kualitas hidup individu, keluarga, kelompok resiko tinggi, kelompok khusus yang ada di komunitas khususnya di Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan.

Dia menyebutkan, dari 268 orang, terdiri dari 7 program bidang studi dari 8 bidang studi di Stikes Perintis Padang. Antara lain,Jurusan program bidang studi D3 Kebidanan, D3 Keperawatan, S1 Keperawatan, D3 Gizi,D3 dan D4 Teknologi Laboratorium Medik.

Sementara, Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, Erizon mengatakan, mahasiswa/i yang disebar 11 Nagari itu diharapkan akan memberikan manfaat besar khususnya di bidang kesehatan masayarakat. (fk/*)