Sambut Minggu Militer, Kodim 0311/Pessel Latihan BDM

PAINAN, GP – Komando Distrik Militer (Kodim) 0311/Pessel melaksanakan latihan Bela Diri Militer (BDM), di Lapangan Makodim setempat, Rabu (29/3). Kegiatan tersebut, dilaksanakan dalam rangka menyambut kegiatan “Minggu Militer”.

Dandim Letkol (Inf) Setiya Asmara, SIP melalui Serma Otrizal Syam menyebutkan, bahwa kemampuan Bela Diri Militer (BDM) oleh prajurit Kodim 0311/Pessel sangat berpengaruh terhadap tugas dan tanggung jawab. Maka dari itu, keterampilan bela diri harus selalu dibina guna meningkatkan keahlian prajurit.

“Jika kemampuan serta keterampilan bela diri setiap prajurit TNI sudah di asah dengan baik. Maka kedepannya akan selalu siap mengemban tugas dengan rasa tanggung jawab, dimanapun mereka berada,” ungkapnya saat itu.

Menurutnya, keahlian bela diri prajurit harus selalu dibina dengan latihan BDM. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri prajurit dalam bertugas diwilayah teritorial Kodim 0311/Pessel.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, maka perlu kiranya prajurit latihan secara terus-menerus sesuai dengan program latihan yang ditentukan saat ini,” tambahnya.

Sementara itu, Dandim 0311/Pessel Letkol (Inf) Setiya Asmara, SIP mengatakan, selain Bela Diri Militer (BDM), sejumlah kegiatan pada program minggu militer juga terus dilaksanakan di halaman Makodim, seperti latihan PBB pada minggu ke-empat atau minggu terakhir setiap bulan.

“Tujuannya agar para prajurit tidak lupa dengan materi dasar jiwa keprajuritan mereka masing-masing. Latihan PBB merupakan materi dasar dengan langkah tegap, penghormatan, jalan ditempat, hadap kanan, hadap kiri, buka barisan, dan tutup barisan. Karena pada dasarnya seluruh prajurit sudah pernah mendapatkan pelajaran PBB,” terang Dandim.

“Kegiatan minggu militer tersebut, juga untuk meningkatkan profesionalitas prajurit dan mempererat kebersamaan antar prajurit dengan lingkungan Kodim 0311/Pessel,” tutup Dandim. (fk)