RUMAH PINTAR KPU, EDUKASI POLITIK BAGI MASYARAKAT

SAWAHLUNTO, RELASIPUBLIK – Walikota Sawahlunto Deri Asta mengajak masyarakat mengunjungi Rumah Pintar Pemilu Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Sawahlunto sebagai wisata edukasi dan pembelajaran politik.

Rumah Pintar Pemilu ini layak dikunjungi terutama oleh kalangan pemilih pemula untuk mengenal sejarah proses demokrasi yang merupakan bagian penting dalam kehidupan bernegara.

Ketua KPU Kota Sawahlunto Fadlan Armey  mengatakan Rumah Pintar Pemilu telah diresmikan sejak 2017 yang lalu sebagai media edukasi politik bagi masyarakat yang bisa dikunjungi siapa saja dan kapan saja. Saat ini penyajian informasi semakin dioptimalkan  dengan memanfaatkan fungsi lorong dan ruang rapat serta memperkaya display baik berupa informasi digital, administratif hingga menyediakan game menarik seperti Ludo politik. ujarnya.

Lebih lanjut di sampaikan.Fadlan, informasi seputar sejarah kepemiluan ataupun  Lembaga Pemilu dan wewenangnya siap dimanfaatkan oleh pelajar dan mahasiswa untuk memperkaya wawasan.

Saat ini beberapa sekolah telah melakukan kunjungan studi ke Rumah Pintar ini, ia berharap dengan penataan yang lebih optimal ini, kunjugan akan semakin meningkat. pungkasnya.

Sementara itu Walikota Sawahlunto Deri Asta  berpesan agar KPUD terus berinovasi dalam  memberi edukasi politik kepada masyarakat, karena animo partisipasi pemilih nasional belakangan ini cenderung menurun. “Jadwalkan program edukasi tidak hanya ke sekolah-sekolah, tapi juga ke Desa Kelurahan, karena masyarakat harus tahu suara mereka menentukan pembangunan bangsa ini kedepan” ujar Deri Asta.( jun)