Rombongan Pemkab Solsel Temui Alirman Sori

JAKARTA -RELASIPUBLIK — Rombongan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menemui anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Alirman Sori, Senin (2/12/2019). Dipimpin Wakil Bupati Solsel Abdul Rahman, kedatangan tersebut membawa beberapa persoalan yang dihadapi kepada senator asal Sumatera Barat tersebut.

Wakil Bupati Solsel Abdul Rahman menyampaikan, meskipun Solsel sudah keluar dari status daerah tertinggal namun masih memiliki banyak daerah terisolir dengan tingkat kemiskinan yang masih tinggi.

“Masyarakat kami masih banyak tinggal di rumah tidak layak huni karena tingkat kemiskinan masih tinggi serta masih banyak daerah pelosok yang terisolir atau sulit diakses,” kata Abdul Rahman.

Banyaknya daerah pelosok dan terisolir tersebut juga berdampak kepada kondisi pendidikan. Abdurrahman menyampaikan, guru daerah terisolir kehilangan tunjangan khusus.

Dalam kesempatan itu, Abdul Rahman juga mengadukan masalah bencana banjir bandang yang melanda Solok Selatan beberapa waktu lalu. Sebanyak tiga nagari dilanda banjir bandang sehingga merusak permukiman penduduk, lahan pertanian dan sarana infrastruktur.

“Sampai kini masih ada masyarakat yang tinggal di tenda pengungsian. Sementara itu, akibat kerusakan infrastruktur, masih ada lokasi yang sulit diakses,” katanya.

Menerima dan menanggapi kedatangan rombongan Pemkab Solsel tersebut, Alirman Sori menyampaikan keprihatinannya atas bencana banjir bandang yang menimpa wilayah itu. Dia berharap penanganan darurat pascabencana dapat berjalan baik dan masyarakat dapat kembali beraktifitas seperti biasa.

“Pertama sekali, kami menyampaikan rasa prihatin atas musibah banjir bandang yang menimpa masyarakat di Solok Selatan. Semoga penanganan darurat pascabencana dapat berjalan baik agar aktifitas masyarakat kembali normal,” katanya.

Untuk menyikapi persoalan yang disampaikan, Alirman Sori berjanji akan menindaklanjuti sesuai kewenangan yang dimiliki. Dia akan mencoba mengkoordinasikan dengan kementerian terkait agar mendapatkan jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi.

“Sebagai anggota perwakilan daerah, kami akan berupaya menjembatani kepentingan daerah kepada pemerintah pusat. Kami juga akan mengkoordinasikannya kepada anggota DPR agar program – program pembangunan yang dibutuhkan daerah mendapat prioritas,” ujarnya.

Alirman Sori menyadari, Kabupaten Solok Selatan masih membutuhkan banyak dukungan dari pemerintah pusat. Sebagai anggota DPD dari Sumatera Barat, dia akan berupaya memperjuangkan Solok Selatan sebagai bagian dari daerah pemilihannya untuk diperhatikan oleh pemerintah pusat.

“Solok Selatan masih menghadapi berbagai masalah yang tentunya sangat membutuhkan dukungan dan perhatian. Kita akan berupaya untuk memperjuangkan itu kepada pemerintah pusat,” ulasnya.

Usai pertemuan, Alirman Sori langsung membawa rombongan Pemkab Solok Selatan menuju kantor Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDT). Rencananya, rombongan juga akan diajak ke Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). (Rel/Dewi)