Riza Falepi : Perjalanan Dinas Ditahan, Termasuk Anggota Dewan

PAYAKUMBUH, RELASIPUBLIK — Wali Kota Riza Falepi memimpin apel Tim Gugus Tugas Tanggap Darurat Covid-19 di depan kantor Koramil 01/Pyk, Kamis (26/3). Apel pagi itu dilaksanakan sebelum aksi penyemprotan selama 3 hari 26-28 Maret 2020 yang diinisiasi oleh Kodim 0306/50 Kota.

Turut hadir Sekda Rida Ananda, Asisten I dan II Setdako Yoherman dan Elzadaswarman, Kadis Kesehatan Bakhrizal, Kadiskominfo Jhon Kenedi, Kadis Perhubungan Adrian, Kasatpol PP Devitra, Kalaksa BPBD Yufnani Away, dan Kapolsek Kota Payakumbuh AKP Julianson.

Wako Riza menyebut sampai saat ini alhamdulillah sampai saat ini status Covid-19 di Payakumbuh masih negatif. Virus yang dibawa dari daerah lain ini semoga tidak sampai masuk ke Payakumbuh.

“Jangan sampai ada yang positif, kita sama-sama berdoa dan berjuang, karena apabila sekali positif, penyebarannya sangat ekspansial, akan susah sekali mentracking orang-orang yang pernah berkontak dengan pasien yang positif,” kata Riza.

Riza menyebut setelah dipantau, Payakumbuh termasuk daerah aktif yang petugas tim gugus tugasnya mendatangi orang yang dari luar daerah terpapar dan langsung menjadikannya Orang Dalam Pentawasan (ODP).

“Kalau perlu perjalanan dinas ditahan dulu pak sekda, karena kondisi sekarang sangat memprihatinkan. Termasuk para dewan juga tahan dulu buat keluar daerah,” kata Riza Falepi.

Riza menyebut setiap orang bertanggung jawab menjaga keselamatan Kota Payakumbuh, Riza mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas nama masyarakat Payakumbuh kepada TNI, Polri, Petugas Medis, BNPB, dan seluruh pihak terkait selama penanganan Covid-19 dijalankan.

“Sekarang kita boleh represif, marahi pendatang yang tidak melapor dan seenaknya jalan-jalan, termasuk keramaian bubarkan saja, ini usaha kita untuk mencegah Covid-19,” kata Riza

Riza juga telah berkoordinasi dengan Polres, dirinya menyebut jalur lalu lintas Riau-Padang kalau bisa hanya 1 di Payakumbuh. “Belum tentu orang yang masuk itu steril, jangan sampai terbawa virusnya kesini,” ujarnya.

Sementara, untuk penyemprotan disinfektan, Riza meminta agar diusahakan di tempat yang tidak terkena matahari, karena virus bertahan ditempat yang lembab, sekaligus memaksimalkan disinfektan yang terbatas.

“Orang tua juga rentan tertular dan cepat meninggal akibat Covid-19, perlu diedukasi untuk jangan keluar rumah. Semoga kegiatan ini menjadi berkah menyelamatkan Kota Payakumbuh, mari bersama-sama kita jaga kota yang kita cintai ini. Inisiasi yang bagus selalu kita dukung, terimakasih Dandim 0306/50 Kota dan Polresta Payakumbuh,” kata Riza.

Dalam apel itu, juga dilaksanakan penyerahan bantuan masker dan disinfektan dari Anggota DPRD dari Partai PDIP Yanuar Gazali kepada Tim Gugus Tugas Covid-19. (CAN)