PEMBANGUNAN DANA DESA MENGACU KEPADA SKALA PRIORITAS KEBUTUHAN MASYARAKAT

PARIWARA NAGARI AIR HAJI

AIR HAJI, RELASIPUBLIK – Salah satu upayah meningkatkan perekonomian masyarakat, melalui Dana Desa Pemerintah Nagari Air Haji Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) membangun gedung Balai Pelatihan Masyarakat (BPM) Nagari Air Haji .

Pembangunan gedung tersebut dilaksanakan ditanah milik nagari yang terletak di depan Kantor Wali Nagari Air Haji. Demikian yang dikata Hardy Azhar Kasi Kesra ( PTPKN) Nagari Air Haji kepada Relasipublik.com, Selasa (16/01) .

Bangunan yang berukuran 12 X 10 meter itu , terdapat sebuah gerbang / jalan masuk ke permungkimam masyarakat . Diantara tersebut, ada 2 tempat yang dimamfaatkan nanti oleh BUMNag untuk pengembangan usahanya sementara pada lantai 2, dijadi tempat Balai Pelatihan Masyarakat (BPM) Air Haji, terang Hardy .

Hingga akhir 2018, pembangunan 2 pintu ruko yang akan ditempati BUMNag dan tempat Balai Pelatihan Masyarakat tersebut telah menelan anggaran sebesar Rp 400 juta dari rencana anggaran pembangun senilai Rp 800 juta .

Hal tersebut dibenarkan Sekretaris Nagari Air Haji, Medrizon, SH Dt Malintang Bumi . “Selain pembangunan gedung Balai Pelatihan Masyarakat ( BPM), Pemerintah Nagari Air Haji telah melaksanakan rehap/pemeliharaan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 2 unit dengan total anggaran senilai Rp 30 juta dan peningkatan jalan depan Dealer Zuzuki senilai Rp 160 juta”, ulas Medrizon .

Walinagari Air Haji, Basrijal saat itu juga menjelaskan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) Nagari Air Haji tahun 2018 sebesar Rp 1.339.194.079.12 yang telah ditetapkan dalam Peraturan Nagari No 2 tahun 2018 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari tahun 2018.

Anggaran tersebut digunakan untuk Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Nagari sebesar Rp 430.266.205.62 , untuk Bidang Pelaksanaan Pembangunan Nagari sebesar Rp 691.922.812.50, untuk Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Nagari sebesar Rp 31.315.000.00, untuk Bidang Pemerdayaan Masyarakat Nagari Rp 181.673.900.00 dan untuk Bidang Tak Terduga sebesar Rp 4.016.100.00 .

Dana itu dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan, perbaikan infrastruktur, pembangunan saran prasarana dan untuk kesejahteraan masyarakat di nagarinya.

“Dengan adanya dana itu, maka proses pembangunan di Nagari Air Haji, bisa berjalan lebih cepat, sehingga diharapkan dapat memacu peningkatan roda perekonomian warga masyarakat di Nagari kami”, ujarnya.

Pihaknya mengapresiasi Alokasi Dana Desa dan Dana Desa tersebut, dan berharap agar kebijakan Pemerintah ini, terus dilanjutkan, demi percepatan peningkatan pembangunan di Nagari, yang tetap mengacu pada skala prioritas kebutuhan warga masyarakat.

“Kami atas nama warga masyarakat, berkomitmen untuk menjaga dan merawat sebaik-baiknya hasil pembangunan ini, sehingga diharapkan efek positifnya, bisa bermanfaat dengan optimal,” tambahnya. (Anto)