Objek Wisata Papinka Diresmikan, Lisda Rawdha Ajak Masyarakat Ramah Terhadap Pengunjung

Relasipublik.com PAINAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, melalaui Ketua Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Lisda Rawdha Hendrajoni, meresmikan salah satu kawasan objek wisata Pantai Pinus Kapuh (Papinka), di Kecamatan Koto XI Tarusan. Selasa (24/10).

 

Dalam kesempatan itu, Lisda mengatakan, bahwa kawasan wisata Pantai Pinus Kapuh (Papinka), merupakan salah satu kawasan penunjang untuk memajukan KWBT Mandeh. Selain itu, dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat juga sangat diharapkan, terutama sekali dalam menjaga keamanan dan ketertiban, serta ikut menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya.

 

“Untuk menambah keindahan kawasan wisata Papinka ini, maka kita harapkan kepada Pemerintah Nagari untuk melakukan percepatan pembangunan dengan cara melengkapi segala sarana dan prasarana yang ada. Hal itu bertujuan, agar kawasan wisata kita ini cepat dikenal masyarakat luas,” harapnya.

 

Menurutnya, demi tercapainya suatu kemajuan daerah, khususnya di bidang Pariwisata. Maka diharapkan pula kepada setiap Wali Nagari jangan hanya fokus kepada anggaran Dana Desa saja, akan tetapi harus mampu mencari donatur dan sejumlah pihak swasta untuk melakukan investasi pada masing-masing daerah. Selain itu, untuk meningkatkan jumlah pengunjung, maka masyarakat lokal diharapkan mampu bersifat santun dan ramah tamah kepada setiap tamu yang datang.

 

“Suatu daerah bisa maju, apabila penduduknya ramah dan sopan. Apalagi kalau masyarakatnya mampu menciptakan suatu yang unik untuk dibangun, tentu hal itu akan menarik minat pengunjung untuk datang ke daerah kita. Seperti rumah pohon yang sudah mulai dibangun disejumlah tempat wisata saat ini. Jika kita hanya mengandalkan keindahan alam semata, itu masih belum cukup, intinya harus ada tatacara pengelolaan yang baik,” sebut Lisda saat itu.

 

Sementara itu, Camat Koto XI Tarusan Gusdan Yuwelmi, mengatakan, peresmian kawasan wisata Pantai Pinus Kapuh (Papinka), sekaitan dengan penyambutan hari Sumpah Pemuda. Selain untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di pantai Kapuh tersebut, pihak Nagari sengaja mengadakan festival seni dan budaya antar Nagari se Kecamatan Koto XI Tarusan.

 

“Benar, kegiatan yang kita gelar saat ini adalah untuk mengenalkan potensi wisata kita kepada masyarakat luas. Selain menggelar sejumlah kegiatan seni dan budaya, acara tersebut juga menandakan bahwa kekompakan antara masing-masing Nagari dengan pihak Kecamatan tetap terjalin,” katanya.

 

Hal senada dikatakan Wali Nagari Kapuh, Ezman, menurutnya pembukaan wisata Papinka tersebut, mendapat respon positif dari seluruh masyarakat dan pihak Kecamatan. Sehingga pihaknya sengaja menggelar sejumlah kegiatan festival antar Nagari se Kecamatan Koto XI Tarusan.

 

“Acaranya kita cukup sederhana saja, seperti pertandingan Futsal, Volly Pantai, lomba lagu bernuansa kebangsaan dan nasional, lomba pemakaian Baju Kuruang Basibak, dan sejumlah lomba permainan anak anak. Nanti bagi pemenang juara pertama, akan diberikan bonus senilai Rp 1,5 juta. Juara dua Rp 1 juta, dan juara tiga akan mendapat bonus senilai Rp 500 ribu,” jelasnya. (Ok/RP)