Nagari Punggasan Bakal Memilik Pasar Rakyat

PUNGGASAN , RELASIPUBLIK – Menindaklanjuti surat Dinas Koperasi, UMKM, Perdangan dan Peridustrian Kabupaten Pesisir Selatan Nomor 516.2/776/DKUP.2/2019 tanggal 30 Juli 2019 tentang Pembersihan Lokasi Rencana Pembangunan Pasar Rakyat Punggasan , Pemerintah Nagari Punggasan Kecamatan Linggo Sari Baganti melaksanakan Sosialisasi Pelaksanaan Pembangunan Pasar Rakyat Punggasan di Kantor Wali Nagari Punggasan, Rabu ( 21/08/2019) .

Kegiatan yg dijadwalkan pukul 09.00 WIB itu dihadiri Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pessel, Hendro Kurniawan dan rombongan,
Camat Linggo Sari Baganti, Ahmad Hidayat, SSTP.M.Sc, Danramil 02 Ranah Pesisir Inf. S Harahap dan Babinkamtibmas Polsek Linggo Sari Baganti Bripka.Robert, SH .

Hadir juga saat itu LPMN , Kepala Kampung, Ketua Pemuda, Pedagang Pasar Senin Punggasan, Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Pemuda/i, Bundo Kanduang dan Masyarakat Nagari Punggasan .

Wali Nagari Punggasan, Gustiardi,S.Pdi dalam kesempatan itu menyampaikan , ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang hadir pada acara tersebut. Dia juga mengatakan
bantuan Pembangunan Pasar Rakyat Punggasan merupakan salah satu dari beberapa bantuan Pembangunan Pasar di Provinsi Sumatera Barat dan memiliki sarana yang melebihi dari Kecamatan-kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan.

Pasar Punggasan nantinya akan memiliki mushola, tempat ATM dan sarana lain yang bangun secara representatif untuk dapat dipergunakan oleh masyarakat, katanya .

Hal yang sama disampaikan Kabid Pasar
Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pessel, Hendro Kurniawan. Katanya, keseriusan Walinagari dan masyarakat untuk membangun pasar punggasan telah ditunjukan dari awal tahun 2018 lalu . Seluruh syarat adminitrasi telah dilengkapi temasuk status lahan dan data pasar serta data pedagang yang akan menghuni Pasar tersebut .

Kemudian pada bulan Desember 2018, atas perjuangan Walinagari Gustiardi dan Bupati H Hendrajoni sehingga permohonan untuk membangun Pasar Punggasan dikabulkan oleh Kementrian Perdagangan .

“Sejak tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan telah membangun, merevitalisasi dan melakukan pemeliharaan pasar sebanyak 26 unit . Ditargetkan hingga akhir priode Bapak Bupati nanti sebanyak 35 unit pasar akan mendapatkan bantuan . Ini membuktikan keseriusan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam melaksanakan visi dan misi untuk mengwujudkan masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan yang mandiri, unggul, agamais dan sejahtera,” tuturnya. (Red)