Nagari Air Haji Tenggara Renovasi 8 Unit RTLH

AIR HAJI TENGGARA, RELASIPUBLIK – Pelaksanaan Dana Desa (DD) Nagari Air Haji Tenggara Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat selalu berpedoman pada perencanaan yang telah ditetapkan sebelumnya dalam Rencana Kinerja Akhir (RKA).

“Seperti tahun lalu, Pemerintahan Nagari tetap menganggarkan dana desa untuk membantu merenovasi rumah masyarakat yang sudah tidak layak huni. Ditahun ini kita mengalokasikan dana desa untuk kegiatan RTLH sebanyak 8 unit dengan anggaran masing-masing senilai Rp 20 juta dan pembangunan WC sebanyak 9 unit dengan anggaran masing-masing Rp 4,5 juta,” demikian kata Wali Nagari Air Haji Tenggara, Erdifan dalam Rapat Penerima Bantuan RTLH di kantor Wali Nagari setempat, Senin (20/04/2020) .

“Untuk kategori penerima bantuan, diutamakan bagi rumah atap rumbia, dinding somel yang sudah rapuh, dan berlantai tanah . Calon penerima bantuan diusulkan masing-masing Kampung dan melalui tahapan verifikasi yang ditentukan oleh tim yang ditunjuk oleh pemerintah Nagari,” ujar Erdifan .

Berdasarkan usulan dan tahapan verifikasi sehingga tahun 2020 ini telah ditetapkan sebagai penerima bantuan dan diberikan kepada Neridawati dan Ijon warga Kampung Lubuk Buaya, Ali Hamzah/Mardiani dan Rio Efendi warga Kampung Bukit Silapu, Mulyadi dan Pico warga Kampung Koto Gadang, Sukarman dan Dion warga Kampung Air Sikambiang.

Hadir dalam acara tersebut Wali Nagari, Bamus, LPMN, Kepala Kampung dan calon penerima bantuan didampingi mamak waris .

Dalam acara tersebut seluruh penerima bantuan sepakat memberikan swadaya, seperti ada yang telah membeli kayu, atap dan ada juga menanggung 1 orang upah pekerja . (**)