Peringati Hari Santri Nasional, Seratusan Santri Padati Halaman Kantor Bupati

Relasipublik.com PAINAN – Memperingati hari Santri Nasional yang ke III, ratusan Santri dan Santriwati dari berbagai Masjid dan Mushala terlihat memenuhi halaman kantor Bupati setempat. Tak hanya itu, acara tersebut juga dihadiri oleh unsur Forkopimda, sejumlah kepala OPD dan perwakilan, Pejabat Eselon III dan IV, serta sejumlah jajaran dari Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan. Minggu pagi, (22/10).

 

Dalam kesempatan itu, banyak pesan pesan yang disampaikan Bupati Hendrajoni kepada seluruh peserta yang hadir saat itu. Menurutnya, peran serta para Santri/Santriwati dalam memoles wajah Indonesia tidak bisa dihilangkan dari nilai-nilai Agama, begitupun kehadiran mereka juga sudah sesuai dengan karakter asli bangsa.

 

“Pada masa pra kemerdekaan terdahulu, pesantren beserta para Santri/Santriwati yang ada didalamnya, merupakan garda terdepan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Kehadiran mereka, dalam memoles wajah Indonesia tidak bisa kita hilangkan dari muka Bumi ini. Sebab, sudah sesuai dengan karakter asli bangsa,” ungkap Bupati.

 

Bupati Hendrajoni yang bertindak sebagai Inspektur Upacara saat itu, mencontohkan bahwa banyak tokoh tokoh besar yang berasal dari para Santri/Santriwati memiliki nilai religius, sopan santun, ramah tamah, memiliki jiwa toleransi yang tinggi, serta saling menghargai dan tolong menolong antar sesama.

 

“Seperti KH Hasyim Asy’ari, KH Ahmad Dahlan, KH Ahmad Hasan dan masih banyak lagi sejumlah nama besar yang ikut berkiprah dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia serta ikut mengharumkan nama Bangsa kita,” jelasnya.

 

Terkait hal itu, ia sangat berharap dengan memperingati hari Santri Nasional yang ke III saat itu, hendaknya semakin tumbuh keyakinan pada diri masing-masing serta mampu membangkitkan semangat juang cinta tanah air dan bangsa yang lebih kuat, sehingga semakin kokohnya integrasi terhadap bangsa.

 

“Dengan digelarnya kegiatan hari ini, hendaknya semakin kuat tali persaudaraan pada masing-masing diri kita dan tetap bersatu dalam semangat kebinekaan,” harap Bupati.

 

Sementara itu, pembina TPA dan TPSA Masjid Darussalam, Kenagarian Batu Hampar Kecamatan Koto XI Tarusan, Fahmi Tanjung, mengatakan, bahwa sebanyak 30 orang Santri/Santriwati dibawah pimpinannya ikut menghadiri peringatan hari Santri Nasional yang ke III tersebut di Painan.

 

“Setidaknya acara tersebut dapat memberikan motivasi dan semanagat bagi anak-anak didik kami, untuk lebih aktif, rajin dan tekun mengikuti segala kegiatan belajar keagamaan di TPA,” sebutnya baru-baru ini. (Ok/RP)