Komisi IV Kunjungi Baznas

Padang – Komisi IV DPRD Kota Padang melaksanakan kunjungan lapangan dengan menyambangi kantor Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Padang, dalam rangka untuk mendalami sejauh mana peran BAZNAS dalam penanggulangan dampak Covid-19 terhadap warga kota Padang, Selasa, (21/4/2020).

Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Azwar Siry mengapresiasi setiap program yang dilakukan oleh BAZNAS Kota Padang. Seperti gerakan BAZNAS dalam rencana Penanganan bagi warga tidak mampu yang terdampak Covid 19 di Kota Padang. Apresiasi itu disampaikannya ketika melakukan kunjungan lapangan ke kantor BAZNAS Kota Padang.

Menurut Azwar Siry, program yang dilakukan oleh BAZNAS Kota Padang tersebut tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat.“Karena sasarannya sudah jelas, ada 8 golongan yang harus dibantu diantaranya fakir, miskin, mualaf dan lainnya,” ulasnya.

Sementara itu, anggota Komisi IV Zulhardi Z Latif menegaskan, pihaknya akan mendukung setiap program BAZNAS Kota Padang yang benar benar menyentuh masyarakat. Seperti program penanganan bagi warga kurang mampu terdampak Covid-19. Pria yang akrab disapa Buya ini juga mengajak kepada para dermawan untuk bersama-sama menyalurkan zakatnya ke BAZNAS Kota Padang yang merupakan lembaga resmi pemerintah.

Pada Kesempatan itu, Ketua BAZNAS Kota Padang Episantoso, menyampaikan bahwa program sembako untuk warga yang kurang mampu terdampak Covid 19 di Kota Padang dari BAZNAS akan segera diluncurkan di awal ramadan nanti dan untuk pendistribusiannya akan dilaksanakan sebaik mungkin.

“Nantinya kita akan mempersiapkan 20 ribu paket sembako yang akan kita distribusikan kepada warga kurang mampu, melalui masjid mushala yang ada di Kota Padang, dan terlebih dulu akan berkoordinasi dengan pihak terkait,” jelasnya.

Episantoso mengungkapkan, sejumlah program BAZNAS telah dilaksanakan dalam berbagai aspek. Seperti program bedah rumah, kemudian pemberian beasiswa tingkatan SD dan SMP dan program bantuan usaha untuk usaha kecil.

Dikatakannya, ke depan sejumlah program BAZNAS Kota Padang masih akan terus dilaksanakan, hanya saja untuk melaksanakannya memerlukan anggaran dan bantuan dari semua pihak sangat diharapkan.