Kodim 0311/Pessel Gelar Rakor Serapan Gabah Petani

Relasipublik.com Painan – Kodim 0311/Pessel menggelar rapat koordinasi Serapan Gabah Petani (Sergap) di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan bertempat di Aula Makodim 0311/Pessel pada Rabu (12/04/2017).

Kegiatan tersebut dalam rangka mendukung program pemerintah guna mengoptimalkan gerakan swasembada pangan.

Komandan Kodim 0311/Pessel, Letkol Inf Setiya Asmara, S.I.P mengatakan secara teknis kodim 0311/Pessel menempatkan dan memberdayakan aparat komando kewilayahan khususnya babinsa sebagai unsur penting dalam tim sergap.

“Pelaksanaan sergap juga merupakan instruksi langsung Presiden RI, IR. Joko Widodo kepada Kementerian Pertanian agar mengadakan program sergap dengan bekerja sama dengan TNI, Bulog, dan Pemda,” tambah Dandim.

Dandim menjelaskan kegiatan ini juga bertujuan untuk menanggulangi turunnya harga gabah petani pada saat musim panen.

“Ini penting untuk kita perhatikan bersama agar hasil panen petani tidak jatuh ke tangan tengkulak pasca panen,” tegas Dandim.

Menurut Dandim ini semua guna mencegah terjadinya permainan harga beras di tingkat konsumen yang bisa merugikan petani.

Untuk itu Dandim berharap agar terwujudnya pencapaian target ketahanan pangan dan swasembada pangan yang diagendakan pemerintah, harus sama-sama disikapi dengan meningkatkan kinerja di bidang pertanian baik secara administrasi maupun implementasi nyata dilapangan.

Rakor tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab. Pesisir Selatan, Kepala Bulog Kab. Pesisir Selatan, Kepala Dinas Pertanian Kab. Pesisir Selatan, Pasiter, Para Danramil dan Babinsa Jajaran Kodim 0311/Pessel, Petugas BPK (Balai Penyuluh Kecamatan) se Kab. Pesisir Selatan, Koordinator PPL se Kab. Pesisir Selatan. (fk/*)