KODE ETIK DPRD AKAN MEMPENGARUHI PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN

PADANG, RELASIPUBLIK –Ketua Badan Kehormatan (BK) Irzal Ilyas Datuak Lawuik Basa meminta. Seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar, untuk menjaga kode etik sebagai dewan karena, akan mempengaruhi optimalisasi fungsi penyelenggara pemerintahan.

Hal itu dikatakan oleh Irzal di ruang kerjanya terkait kode etik anggota DPRD Sumbar. baru -baru imi

“ Sebagai perwakilan rakyat, seluruh anggota mesti menjaga marwah DPRD Sumbar. Dengan ditegakannya kode etik, akan berdampak positif terhadap kinerja lembaga,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan ,struktur pimpinan dan keanggotaan BK DPRD Sumbar baru saja ditetapkan, kedepan fungsi BK akan dijalankan secara optimal.

Sebelumnya, juga telah dipilih lima orang anggota BK untuk menentukan posisi pimpinan yang terdiri dari satu orang ketua dan satu orang wakil ketua.

Ketua DPRD Sumbar Supardi mengatakan, pengumuman penetapan pimpinan BK DPRD Sumbar disampaikan dalam sidang paripurna yang dilakukan baru-baru ini. Dari hasil yang dihimpun Irzal Ilyas Dt Lawik Basa terpilih sebagai ketua

“Berdasarkan hasil pemilihan dan kesepakatan yang dilakukan oleh anggota Badan Kehormatan, Irzal Ilyas Dt Lawik Basa ditetapkan sebagai ketua dan Dody Delvi sebagai wakil ketua,” terangnya.

Selah dilakukan pemilihan anggota Badan Kehormatan oleh anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat terhadap tujuh orang utusan fraksi. Dari tujuh orang tersebut, terpilih lima orang yaitu Irzal Ilyas (Demokrat), Dody Delvi (PAN), Hendra Irwan Rahim (Golkar), Firdaus (PDIP-PKB) dan Syafruddin Putra (Gerindra).Dewi