Kesbangpol Sosialisasikan Nilai Pancasila Kepada Generasi Muda

Relasipublik.com Painan – Kesbangpol Kabupaten Pesisir Selatan bekerjasama dengan Kesbangpol Provinsi Sumatra Barat adakan sosialiasi Penguatan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan bagi generasi muda/siswa SLTA Se-Kabupaten Pesisir Selatan.

Sosialisasi itu bertujuan untuk memupuk kembali nilai-nilai pancasila yang mulai memudar dikalangan generasi muda khususnya pelajar.

sosialiasi yang dilaksanakan di salah satu ruang pertemuan di Hotel Triza Rawang Painan,Selasa (22/3). Dihadiri oleh Kepala Kesbangpol Provinsi Sumbar, Nazwir ,Asisten I Pemkab Pessel ,Gunawan ,Kepala Kesbangpol Pessel Dailipal. Dan,pelajar SLTA Se- Kabupaten Pessel.

“Secara umum kita lihat, hampir tak ada lagi generasi yang menanamkan nilai-nilai pancasila. Dan ini menjadi perhatian kita bersama, “tutur Asisten I Pemkab Pessel ,Gunawan.

Gunawan menyebutkan, generasi muda adalah tongkat estafet pembangunan bangsa. Sangat disayangkan jika nilai pancasila tak lagi tertanam pada diri mereka.

“Apa jadinya negeri ini nanti jika ini tak ada lagi, “sebutnya.

Dia berharap, generasi muda harus mempunyai karakter jelas kedepan, mempunyai pendirian, jati diri dan mampu menanamakan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila .

Sementara itu Kepala Kesbangpol Provinsi Sumbar, Nazwir mengatakan, keberadaan wadah penguatan pusat pendidikan wawasan kebangsaan telah sesuai dengan globalisasi perubahan dinamika sekarang ini.

“Perubahan globalisasi membawa nilai positif bagi perkembangan generasi muda, namun tentu perlu pembinaan dan pengawasan,” terang Nazwir.

Dia juga menyebutkan, pembentukan wadah itu merupakan Instruksi dari Kemendagri. Makadari itu, Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten melakukan kegiatan positif dalam mengembangkan norma-norma berbangsa dan bernegara.

Kepala Kesbangpol Pessel, Dailipal, mengatakan, kegiatan sosialisasi kali ini diikuti pelajar setingkat SLTA Se-Kabupaten Pesisir Selatan.

“Kita,berharap kedepan, para peserta dapat mengimplementasikan dilapangan,” ujarnya. (fy)