Kelompok UP2K Rantau Saiyo, Olah Ikan Panjang Jadi Jajanan Lezat dan Bergizi

PESSEL, RELASIPUBLIK – Stick ikan panjang sebagai jajanan lezat dan bergizi, merupakan industri perumahan yang akan dapat menggerakkan roda ekonomi masyarakat Nagari Rantau Simalenang Air Haji Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan.

Karya Kelompok UP2K Rantau Saiyo yang mampu memanjakan selera itu, mulai bergerak beberapa minggu lalu di rumah Ketua TP-PKK Nagari Rantau Simalenang Air Haji . Ditunjuk sebagai Ketua adalah Riska Permida,A.Md,Keb, Sekretaris Fitria Nelda Zulita,S.Pd dan Bendaharanya Yesi Sentia Sari.

“Stick ikan panjang ini rasanya enak dan gurih. Kelezatannya membuat kita ketagihan untuk selalu ingin mencicipinya,” demikian kata Kasi Kesra Nagari Rantau Simalenang Air Haji Erma Yeni kepada Relasipublik.com, Selasa (25/02) .

Cara membuat stick ikan panjang terbilang sederhana. Nagari Rantau Simalenang merupakan nagari dekat aliran sungai yang memiliki banyak ikan panjang. Ketersediaan ikan panjang cukup memadai. Mereka memisahkan daging ikan panjang dan tulangnya, lalu dicampur dengan adonan tepung. Stick bisa dibentuk dalam aneka rupa, terangnya .

Target pasarnya stick ikan panjang adalah anak-anak sekolah. Cemilan tersebut ada ke warung- warung terdekat dan ada juga tersedia di Hasanah Mart Koto Panai Air Haji .Dia berharap, kehadiran stick ikan panjang yang dibuat Kelompok UP2K Rantau Saiyo tersebut akan diminati semua orang dan mendapatkan respon dari masyarakat Nagari Rantau Simalenang Air Haji, terutama untuk menggerakan roda ekonomi masyarakat setempat, ujarnya ***