Kegiatan Dana Desa di Nagari Rantau Simalenang Air Haji Telah Dimulai

RANTAU SIMALENANG AIR HAJI, RELASIPUBLIK – Usai pra kegiatan yang dihadiri Pemerintahan Nagari serta Pendamping Desa (PD) dan Pendanping Lokal Desa (PLD) di Mushalah Babussalam jelang Bulan Suci Ramadan lalu, Pemerintah Nagari Rantau Simalenang Air Haji Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah melakukan kegiatan Pembangunan Drainase Perumahan Masyarakat di Jalan Gang Buntu Kampung Bukit Kaciak .

Sekretaris Nagari Rantau Simalenang Air Haji Jumuardi kepada Relasipublik. com, Jumat (10/05) menyatakan, kegiatan tersebut bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2019 . Sesuai dengan kesepatan bersama dan skala prioritas maka untuk pembangunan drainase tersebut dianggarkan sebesar Rp 156.940.750 .

Selain itu, pelaksanaan Pembangunan Rabat Beton di Kampung Sikabu, lanjutan pembangunan Puskesri Kampung Luar Parit, pembanguna saluran tali bandar Kampung Danau dan Rabat Beton Perumahan Masyarakat Koto Langang .

Untuk kegiatan pemerdayaan diantaranya pelatihan untuk hamil, inovasi desa pada ikan lubuk larangan, pustaka nagari dan pembinaan untuk kegiatan olahraga. Kemudian ada lagi tambahan untuk kegiatan ibu-ibu PKK Nagari .

Jumlah Dana Desa (DD) sebanyak Rp 920.921.000,- dipergunakan untuk pembangunan fisik dan non fisik . Sementara secara total Anggaran Pendapatan Belanja (APB) Nagari Rantau Simalenang Air Haji pada tahun 2019 ini sebesar Rp 1.467.005.000,- , terang Jumuardi .

Hal Senada diharapkan Walinagari Rantau Simalenang Air Haji Anan Bakri, agar seluruh kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Nagari bisa berjalan lancar dengan hasil yang baik sehingga masyarakat dapat merasakan mamfaat dari kegiatan tersebut .

“Secara aspek sosialnya di Nagari Rantau Simalenang Air Haji ada memiliki 5 Kampung, sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang ada Alhamdulillah kita lakukan memerataan pembangunannya,” ujar Anan Bakri . (red)