Jembatan Bayang Nyalo Diresmikan, Akses Jalan Bayang-Alahan Panjang Diperlebar

Relasipublik.com Painan – Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno bersama Bupati Hendrajoni meresmikan Jembatan Bayang Nyalo di Kenagarian Muaro Aia, Kecamatan IV NAGARI Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu, (15/4).

Gubernur menilai, jembatan tersebut merupakan akses penting bagi masyarakat. Apalagi menghubungkan dua kabupaten (Pessel-Kab, solok). Ini akan dapat memacu peningkatan ekonomi disekitar. Tinggal kedepan bagaimana melakukan pelebaran akses jalan.

“Saat ini memang kondisi jalan masih sempit, itu tentu akan mempengaruhi akses transportasi. Jika masyarakat bersedia dengan pembebasan lahan, pembangunan ini dapat dilanjutkan lagi, karena sudah sepatutnya untuk dianggarkan kelanjutannya melalui kewenangan provinsi Sumbar, ” kata Gubernur.

Sementara, Bupati Pessel Hendrajoni mengatakan, dengan adanya jembatan tersebut akan dapat mempermudah masyarakat dalam komoditi pertanian. Sepeti Produksi pertanian, perikanan, dari pesisir ke  daerah darek, kemudian produksi peternakan , produksi sayur dari darek ke pesisir selatan.

“Itu akan mengalir dan akan lebih murah  tanpa harus berlama-lama menghabiskan waktu untuk pergi ke padang. Bahkan dengan kunjungan wisatawan ke Pesisir Selatan akan menbambah incam masayarakat setempat, ” katanya.

Untuk ketahanan jembatan, Bupati memnita masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas-aktivitas yang merugikan diksekitar kawasan jembatan.

“Mohon pergunakan jembatan ini dengan baik, jaga dan rawat sepertihal memiliki rasa kepunyaan sendiri. Jangan lakukan aktivitas ilegal mining karena hal itu akan merusak dan menggerus jembatan yang dibangun dengan miliaran rupiah, “pintanya.

Dalam Peresmian Jembatan itu turut Hadir Risnaldi dan Saidal anggota DPRD Sumbar, Gubernur Sumbar, Kadis PU Provinsi, Camat, Walinagari dan Sejumlah OPD Pesisir Selatan. (fk/*)