Hingga Usia Ke 25 Tahun, Universitas Baiturrahman Telah Wisuda Sebanyak 11.433 Mahasiswa

29

PADANG, RELASIPUBLIK –– Sudah 25 tahun usia Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Padang , sampai saat ini telah melakukan wisuda yg ke 70 dmana Pada April 2019 lalu , Umbrah telah meluluskan sebanyak 11.433 lulusan dengan rincian 1.581 SKG, 1.368 Dokter Gigi, 2.248 Dokter, 1.019 SKM, 730 Sarjana Ekonomi, 1.014 AMd kebidanan, dan 606 Ahli Madya.

Hal itu, dikatakab oleh Rektor Universitas Baiturrahmah, Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS. semenjak disahkan menjadi Universitas pada tanggal 16 Juli 1994, Unbrah telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu Kampus ternama di Padang dan Sumbar. Sehingga sampai saati ini terus berupaya untuk berkontribusi melahirkan lulusan yang berkompeten dan berkualitas

Menurut dia, dalam sejarahnya Unbrah dibentuk dari tiga Sekolah Tinggi yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), Sekolah Tinggi Kedokteran Gigi (STKG), dan Sekolah Tinggi Kedokteran Umum (STKU), Untuk akreditasi Kampus , Umbrah Alhamdulillah telah menjadi Akreditasi B, jelasnya saat Rapat Senat Terbuka Lustrum V atau Ulang Tahun Unbrah Ke 25 di Auditorium Unbrah, baru – baru ini.

“Dan sekarang Unbrah resmi memiliki 4 Program Studi (Prodi) dan 1 Fakultas baru. Keempat Prodi tersebut yaitu D-IV Keperawatan Anestesiologi  (Fakultas Vokasi), S1 Farmasi Klinis (Fakultas Kedokteran), S1 Administrasi Rumah Sakit (Fakultas Kesehatan Masyarakat), dan S1 Kewibawaan (Fakultas Ekonomi) dan Fakultas Vokasi,” Imbuh nya

Disii lain , kata Rektor ini yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Pendidikan tersebut menyambut, Fakultas Vokasi berdiri pada tahun 2019 dengan Prodi yaitu Radiologi, Kebidanan, dan Keperawatan Anestesiologi.

“Keempat Prodi tersebut telah menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2019/2020 ini baik pada jalur undangan, tes tulis, dan kemampuan bakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, momen 25 tahun Unbrah ini menjadi gerbang guna mewujudkan visi dan misi Unbrah. Selain itu juga sebagai apresiasi kepada Yayasan, Civitas Akademika, Tenaga Kependidikan hingga seluruh elemen masyarakat yang telah mendukung dan memberi kelancaran perkembangan Kampus Unbrah.

Sementara Ketua Yayasan Pendidikan Baiturrahmah, Haji Amran Sutan Sidi Sulaiman yang diwakili oleh anaknya sekaligus Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran mengatakan, pada saat diresmikan pada tanggal 10 Agustus 1994, Kampus yang didirikan oleh Ayahnya Haji Amran Sutan Sidi Sulaiman tersebut memiliki 4 Fakultas dan 2 jurusan.

“Keempat Fakultas pada saat itu yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran,  dan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Sementara untuk dua jurusan yaitu Jurusan Kebidanan dan Jurusan Teknik Radiodiagnostik  serta Radiografi,” jelasnya.

Dalam mengelola Unbrah sendiri, Fadly menyebutkan Ketua Yayasan Pendidikan Baiturrahmah Haji Amran Sutan Sidi Sulaiman telah mengorbankan tenaga dan usaha demi mengembangkan kampus Unbrah tersebut.

“Alhamdulillah, sampai saat ini Yayasan Pendidikan Baiturrahmah sudah memiliki dua Rumah Sakit yaitu Rumah Sakit Islam Siti Rahmah dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Baiturrahmah. Mudah-mudahan Yayasan Pendidikan Baiturrahmah semakin berkembang maju sehingga akan melahirkan lulusan terbaik yang akan berguna bagi Nusa dan Bangsa,” ungkapnya.

Selain itu  ia menyampaikan, saat ini berkat bantuan dan dukungan dari Pemerintah Provinsi Sumbar, Unbrah sudah bisa melaksanakan Co-ass di Rumah Sakit yang ada di Sumatera Barat.

“Dulu kami harus melakukan Co-ass di Kota Medan sehingga terlalu jauh. Namun sekarang berkat bantuan Pemprov, Alhasil kita sudah bisa melakukan Co-Ass di Sumatera Barat,” tuturnya.

Lebih lanjut Fadly mengatakan, bagi pimpinan Unbrah momen 25 tahun merupakan sesuatu yang spesial. Sebagai upaya menyemarakkan Lustrum tersebut, dibentuk panitia untuk menggelar beragam kegiatan.

“Mulai Januari 2019 hingga puncaknya tanggal 16 Juli 2019, Unbrah melaksanakan beragam kegiatan yang meliputi bidang ilmiah, religi, olahraga, wisata, dan sosial. Kegiatan ini melibatkan seluruh civitas akademika Unbrah, Tenaga Kependid. (Dewi)