Bupati Irfendi Arbi di Ganjar Penghargaan Pembina Terbaik Ketahanan Pangan

LIMAPULUH KOTA, RELASIPUBLIK —  Kabupaten Limapuluh Kota terus menorehkan prestasinya di tahun 2019. Setelah meraih penghargaan Swasti Saba dari kementerian Dalam Negeri dan anugrah Dwija Praja Nugraha dari Kementerian Pendidikan, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota kembali menerima penghargaan, kali ini datang dari Pemprov Sumatera Barat atas Kategori Pembina Terbaik Ketahanan Pangan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan pembangunan ketahanan pangan di tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2019 .

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit kepada Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi di Gedung UPTD Distribusi Pasokan dan Akses Pangan, Dinas Pangan Pemrov Sumatera Barat, Padang, dalam acara Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-39 tingkat Provinsi Sumatera Barat, beberapa waktu lalu.

Dalam sambutannya dalam acara tersebut, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit mengatakan dengan momentum Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 Tingkat Provinsi Sumatera Barat ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat serta seluruh stekholder akan pentingnya ketersediaan pangan untuk kebutuhan dan peningkatan kebutuhan gizi masyarakat.

“Harapan kami (HPS) ini bukan hanya bisa dilaksanakan sebagai rutinitas semata, tapi dengan kegiatan ini, hendaknya dapat meningkatkan peran serta semua pihak untuk bisa mempertahankan ketahanan pangan Nasional, serta dapat menjadi motivasi dalam meningkatkan produksi pangan dan juga dapat menjadi ajang promosi serta edukasi dalam ketahanan dan kemandirian pangan,”ujarnya.

Selanjutnya, Nasrul Abit mengatakan pangan merupakan kebutuhan primer masyarakat yang paling esensial, sehingga diperlukan inovasi-inovasi di bidang pangan agar kesulitan pangan tidak terjadi.

“Maka dari itu, saya berharap para petani dan insan pangan dan pihak lainnya agar terus aktif, kreatif dan inovatif dalam menciptakan inovasi pangan, sehingga dapat melahirkan terobosan dan gagasan baru dalam menguatkan keanekaragaman konsumsi pangan didaerah kita,” sambungnya.

Terakhir, Wakil Gubernur tak lupa mendorong kebijakan anggaran pemerintah daerah di Jabar khususnya bidang pertanian atau pangan, untuk bisa ditingkatkan. Melalui HPS tahun ini, diharapkan komitmen pemerintah daerah terhadap peningkatan anggaran pertanian atau pangan dapat terwujud.

“Oleh karena itu, melalui HPS bisa menggairahkan kembali dan mengajak kembali, mengajak kembali agar kebijakan anggaran untuk pangan bisa ditambah atau ditingkatkan untuk tahun 2020,”pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Irfendi Arbi usai menerima penghargaan dari Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat tersebut mengaku bersyukur lantaran Kabupaten Limapuluh Kota dibawah komandonya dianugerahi Penghargaan Pembina Terbaik Ketahanan Pangan tingkat Provinsi Sumatera Barat.

“Bisa saya sampaikan bahwa Kabupaten Limapuluh Kota memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah dibidang pangan, mulai dari sektor pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan alhamdulillah sangat lengkap didearah kita, dan potensi inilah yang terus kita manfaatkan dan kelola dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Terkait dengan ketahanan pangan, Irfendi menegaskan bahwa dengan seluruh potensi yang ada tersebut, Pemkab Limapuluh Kota melalui dinas-dinas terkait terus bersinergi dengan semua pihak agar kedaulatan pangan di Kabupaten Limapuluh Kota tetap terjaga, sehingga kebutuhan gizi masyarakat dapat terpenuhi.

“Kita akan terus bekerja keras dalam meningkatkan dan mempertahankan kedaulatan pangan, karna kebutuhan pangan adalah salah satu hal yang prioritas. Untuk itu ketersediaan pangan harus selalu cukup, terjangkau dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat di Limapuluh Kota, sehingga kebutuhan gizi masyarakat dapat terpenuhi dan kesejahteraan petani dapat meningkat,”tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Limapuluh Kota, Gusdian Laora mengatakan bahwa dinasnya serta dinas terkait lainnya akan terus berinovasi dalam peningkatan kualitas dan ketersediaan pangan di Limapuluh Kota dengan program-program unggulan.

“Kita beberapa dinas terkait lainnya akan terus berkoordinasi untuk terus berinovasi sesuai dengan arahan Bapak Bupati dalam meningkatkan ketahanan pangan di Limapuluh Kota, semoga kedepannya kita lebih baik lagi dalam meningkatkan ketahanan pangan di daerah kita,”tuturnya. **